Ziarah Cinta 3 : Falsafah Kerinduan

Malam ini terasa sedikit beda. Aku seperti sedang dikelilingi kesunyian yang menenangkan, tapi serasa juga ada lubang besar semacam kecemasan yang mengikis lorong waktu. Biasanya dalam situasi seperti ini, sisi kelembutanku akan muncul dan aku merasa lebih feminim daripada maskulin. Dan karena hal itulah.. aku merasa lebih peka  dalam menangkap setiap makna dari kisah-kisah kehidupan seseorang. Lalu aku membaca lagi novel  Paulo Coelho, Eleven Minutes – kisah filsafat  cinta seorang perempuan bernama Maria. Begini penggalan kisahnya.

“Aku bertemu dengan seseorang dan kini jatuh hati padanya. Kubiarkan hatiku hanyut dalam arus pusarannya, karena alasan yang sepele saja: aku tidak berharap apapun dari perasaan cintaku ini.  Bagiku, cukuplah rasa cintaku seperti ini, bercengkerama dengannya dalam anganku, menghias seluruh sudut-sudut kota dengan lautan pelanginya, menebar wangi bunga dengan kata-kata manisnya, dengan sentuhan kasih sayangnya. Jika aku meninggalkan kota ini, kelak dia akan selalu hadir dalam kenanganku yang sangat indah, dengan kenangan syahdu dalam hangatnya api pendiangan.

Semua bahasa di dunia ini, pastinya punya ungkapan yang hampir sama: ‘apa yang tak kaulihat, tak akan kausesali’. Harus kukatakan bahwa ungkapan itu tidak sepenuhnya benar. Aku ingin memahami, bahwa apa yang pernah kulihat itu, tak akan pernah kusesali. Terkadang ada suatu momen dimana pandangan pertama pada seseorang bisa menjadi kenangan yang sangat dalam. Segala rasa atau hal-hal yang kita tahan dan coba lupakan, atau semakin kita jauhkan, malah akan semakin dekat di dalam hati. Jika kita berada di suatu kota perantauan, kita akan selalu mengenang setiap serpihan memori dari tanah kelahiran kita, kampung halaman kita. Kalau kita jauh dari orang yang kita cintai, semua orang yang kita temui di jalanan akan mengingatkan kita pada kekasih hati itu.

Dalam kitab suci semua agama berkisah tentang kemauan Tuhan ketika mengusir Adam dari surga. Boleh jadi, Tuhan sengaja menjauhkan Adam dan seluruh keturunannya dari surga, supaya kita semua selalu mengenang kisah itu, mengingati kembali setiap perjumpaan dengan-Nya tatkala kakek Adam  berada di surgaNya.  Di tanah pengasingan inilah, di bumi ini, kita semua merindukan Tuhan, membangkitkan keimanan yang sanggup menggugah semangat hidup seluruh umat, menjalani ziarah cinta di setiap jengkal muka bumi, menuju kepada surgaNya kembali. Melalui para nabi.. mereka menuliskan setiap pertanda kehadiran-Nya ke dalam kitab-kitab suci, supaya seluruh umat manusia sanggup membangkitkan kenangan itu kembali – supaya kita semua tidak melupakan siapa kita yang sesungguhnya. Kenangan itu, serta kerinduan itulah.. yang menjadi alasan kenapa hidup ini terasa sangat indah.

Semua orang pasti tahu cara mencintai, karena itu adalah rahmat yang menyertai kita sejak lahir ke dunia. Banyak orang yang punya bakat alami untuk mencintai, namun sebagian besar kita terpaksa harus belajar kembali dan mengingat-ingat cara mencintai. Semua orang tanpa kecuali, harus kembali menyalakan api emosi yang telah lama pupus, agar dapat kembali merasakan kebahagiaan dan kepedihan tertentu. Menghayati pasang surut kehidupan, hingga kita mampu menemukan benang merah yang membentang di balik setiap perjumpaan dua hati. Karena benang merah itu sesungguhnya ada. Iya… benar-benar ada, karena Tuhan sendiri yang menyediakannya dan menjadi penghubungnya.

Kalau sudah begitu, barulah segenap raga kita akan mengungkapkan bahasa jiwa yang kita kenal dengan bahasa  cinta. Dan itulah yang bisa kuberikan kepada seseorang yang telah memberikan serta memulihkan kembali jiwaku, meski dia belum tentu tahu betapa besar artinya semua itu bagiku. Akan kuberikan butiran kebahagiaanku padanya, aku ingin dia benar-benar bahagia.”

.………………………………………………..
75 % diadaptasi dari novel Paulo Coelho, berjudul Eleven Minutes.
See : Ziarah Cinta 1, Ziarah Cinta 2.

107 comments

  1. Tulisan lu ini manis sekali, Mod. Bagaimana lu menggambarkan sebuah kehidupan lengkap dengan benang merahnya, dan bagaimana menyikapi rasa cinta dengan lebih wise dan terbuka.
    Tidak ada yang perlu disesali, karena jatuh cinta itu indah sekali…

    salam pagi ya mod… :)

  2. OOT : Zee adalah pecinta tulisan Mody.. setiap kesini bundo selalu mengamati komennya Zee, tak pernah biasa-biasa saja.

    sedangkan bundo adalah pecinta Mody, sama-sama aneh suale.. dan sesama orang aneh kadang susah mengerti, Xixixi..

    apaan siyh bundo?
    Selamat Hari Kartini buat Lengkung Indahmu ya Mod.

  3. Bundo,, hahhaahaaa…. duh Bundo bisa aja. sesama orang aneh gak perlu saling nyindir hehe. makasih ya Bundo atas penilaiannya itu. slalulah komen yg aneh2 disini yaa y_

  4. y_
    sebesar kebahagiaan kita adalah sebagimana org terkasih merasa bahagia,,karna maupun bukan karna kita.. :)
    suatu kebanggaan terbesar,, adalah ketika sekecil butir perhatian kita dapat membuat suatu pribadi menjadi berkobar!!! (motivasi)
    gada sesuatu yg wajar untuk disesali..karna semua itu bernilai..
    0-9 (adalah angka)
    0 = nilai
    0 = nihil.
    jadi,,gakda yg sia sia,,cuma nihil..(itupun ‘bernilai’).. :)

  5. tata,, seperti biasa, sulitku menerka apa yg masih tertutup itu. ..karna maupun bukan karna kita…???
    0, akankah beranjak dari posisinya, ? hh.. ntahhlah :cofe:)

  6. mau nggak mau kita harus mengakui, cinta merupakan mesin penggerak yang tak kenal lelah, membuat manusia selalu penuh dg daya kreasi, prokreasi, juga daya cipta…bukan semata-mata menjadi lebih manusiawi kan …?
    ps: saya link ya mas…

  7. Semoga saja dia tahu yah…..

    Kadang saya iri membaca tulisan sabahat2 yang seperti ini, habis aku belum bisa nulis kayak gini, masih kaku kayak pohon tebu :)

  8. indah banget tulisannya bang,apalagi ungkapan tentang alasan tuhan menjauhkan adam dari surga,ya agar manusia kangen dengan kampung halaman yang sebenarnya

  9. indah banget tulisannya bang,apalagi ungkapan tentang alasan tuhan menjauhkan adam dari surga,ya agar manusia kangen dengan kampung halaman yang sebenarnya

  10. Assalamu’alikum, Subhanallah, cinta adalah anugrah Allah pada hambaNya. Dia pasti seorang wanita yang sangat istimewa bagi Bang Moudy.. semoga bahagia selalu..(Dewi Yana)

  11. Menyenangkan membacanya Bro. Setiap manusia selalu tahu cara mencintai. Dan betul, kenangan selalu mencari pintunya sendiri.

  12. Mas El,
    Ada kalanya kita terdiam tidak tahu mencintai, walaupun itu hanya sesaat.
    Tetapi dikali yang lain, kita justru buta karena cinta. Just my 2 cent.

  13. fotonya cantik tenan,hehehe
    eh,
    sisi kelembutanku akan muncul dan aku merasa lebih feminim daripada maskulin
    itu maksudnya apa?
    hehehehe

  14. bunda selalu menyukai tulisan Mas Moudy yang selalu punya ciri khas sendiri, lain dr yang lain.
    dan, selalu berhasil membuat bunda terkagum2 dg tuturan kisah yg penuh kata2 ‘aneh’ yg indah.
    titip salam sayang bunda utk ‘wanita’ mu ya Mas.
    salam

  15. Duh… co cwiit… :D
    Tapi kalo baca-baca novel dan cerpen saya kurang suka. Mending dengar ceritanya aja, atau nonton aja kalo udah dipilemkan :_:

  16. membuat orang lain bahagia merupakan perbuatan yang terpuji dan tentu juga berpahala.
    Salam hangat dari Plesiran-media untuk mempromosikan wisata daerah anda secara gratis. Bahkan jika artikel anda dimuat akan tersedia tali asih berupa buku bermanfaat pilihan anda.

  17. selalu menyantap hidangan yang penuh khas mas elmoudy.. tulisan penuh makna, kalem, enak dibaca dan bertanya (apakah mas elmoudy ini lulusan sastra) :D

    salam buat zee ya mas :D

  18. berbanggalah dia yang kau cintai. Mereka bisa dimanjakan dengan kata-kata indah mu, terlebih hati mu yang benar-benar bisa mengeksprsikan perasaan *ikut2an mellow

  19. Cinta semua orang memiliki, Ironisnya, manusia mudah sekali meninggalkan cinta, meskipun kemanapun pergi akan tetap dibawanya. Cinta adalah perangkat manusia yang utama ketimbang harta benda. Cinta akan dibawa mati. Jadi tidak ada kekayaan yang paling setia kecuali cinta, karena itu perlu kita mengupayakan agar cinta itu selalu ada, trims tulisan yang bagus,

    Regards, agnes sekar

  20. Mouuudyy, cinta itu adalah nafas, mengalir diseluruh tubuh dan tak bisa lepas dari kehidupan. Jika cinta memulihkan jiwamu, peliharalah rasa cinta itu.

    jika cinta itu tak bisa menjadi milikmu selamanya, berikan senyum terindah untuk cinta itu.

    memberikan cinta akan jauh lebih indah dari pada mengharap dicintai

    selamat mencintai

  21. wah tulisananya mas elmoudy ki jan tenan…
    berat je… dan bagus tentunya,,,
    coba mas tanya eyang, simbah, atau kakek apa ada garis keturunan dari sang maestro “gibran” :D:D

  22. wewwww…bener bener penuh dengan sentuhan cinta.

    siapakah sosok yang beruntung itu??? tak adakah getaranmu yang dia rasakan??? *tsaahhh…sok puitis gw*

  23. berbicara cinta berarti kita berbicara rasa yang berarti ??? *mikir mode on* oh ya berarti tentang hasrat yang membuat perasaan serba abstrak *ngawur*

    dan setiap perasaan cinta memiliki makna yang berbeda-beda, bukan begitu sob ? :D

    salam hangat

  24. Sebagai pengagumnya Nidji yang bilang Cinta tak akan pernah Salah, maka tak ada yang patut disesali jikapun kita telah merasa langkah kita salah.

    Dan saya pun suka dengan Padi yang bilang Segala kebaikan tak kan terhapus oleh kepahitan, kulapangkan resah jiwa, karna kupercaya, kan berujung indah…

    Entahlah, semoga saya tak salah mencerna tulisan ini…

  25. hati2 membaca tulisan ini bisa menyegarkan jiwa yang telah layu….. :_: … jadi tetap semangat untuk terus mencintai walau kadang sering terabaikan |_|

  26. Salam kenal
    Sobat,
    Kata-katamu indah terangkai dan sarat akan makna. Aku yakin bacaan sastramu kuat. Btw sebelumnya maaf aku kurang setuju dengan kata-katamu ini, “semua agama berkisah tentang kemauan Tuhan ketika mengusir Adam dari surga”. Kurasa tidak semua agama ada kisah tentang Adam.

  27. Wuaaa… Eleven Minutes masih jejeran ma The Witch of Portobello & The Winner Stands Alone, ketiganya blm dibaca, hiks… Sukaaaa bgt sm Paulo Coelho… Dan sy jg suka cara bertutur bang moudy..

    Salam kenal bang moudy.. :)

  28. setiap membaca tulisan bang Moudy, jiwa saya kuq seperti gmn gitu…
    tiap tulisan yg saya baca perkata selalu harus meggunakan energi tersendiri…*hehehe lebay gini komenku*
    maaf baru sempat berkunjung lagi..kesibukan saya yg membuat tidak bisa blogging…

    salam, ^_^

  29. ..
    Tulisanmu dalem banget sob..
    ..
    Aku cuman baca buku coelho yg the witch from portobello..
    ..
    Salam hangat..:-)
    ..

  30. Bahasa cinta…..
    Jika kita mencintai sesuatu maka kita akan berusaha maksimal untuk terlihat baik…

    Dan jika kita bisa mencintai makhluk hidup, maka kita akan menyayanginya, dan berbuat baik bagi sesamanya

  31. aku tidak berharap apapun dari perasaan cintaku ini. Bagiku, cukuplah rasa cintaku seperti ini, bercengkerama dengannya dalam anganku, menghias seluruh sudut-sudut kota dengan lautan pelanginya, menebar wangi bunga dengan kata-kata manisnya, dengan sentuhan kasih sayangnya.

    Saya suka banget dengan tulisan yang diatas…hmmmmm

  32. Novel-novelnya Paulo Coelho memang sarat makna dan penuh dengan filsafat kehidupan…

    Beliau kerap bercerita tentang Cinta, perjuangan meraih impian, dan juga tentang tanda-tanda dalam kehidupan…Btw Penggemarnya Paulo Coelho ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

23 + = 26