21.04.2010 | 36,366 views

Malam ini terasa sedikit beda. Aku seperti sedang dikelilingi kesunyian yang menenangkan, tapi serasa juga ada lubang besar semacam kecemasan yang mengikis lorong waktu. Biasanya dalam situasi seperti ini, sisi kelembutanku akan muncul dan aku merasa lebih feminim daripada maskulin. Dan karena hal itulah.. aku merasa lebih peka  dalam menangkap setiap makna dari kisah-kisah kehidupan seseorang. Lalu aku membaca lagi novel  Paulo Coelho, Eleven Minutes – kisah filsafat  cinta seorang perempuan bernama Maria. Begini penggalan kisahnya.

“Aku bertemu dengan seseorang dan kini jatuh hati padanya. Kubiarkan hatiku hanyut dalam arus pusarannya, karena alasan yang sepele saja: aku tidak berharap apapun dari perasaan cintaku ini.  Bagiku, cukuplah rasa cintaku seperti ini, bercengkerama dengannya dalam anganku, menghias seluruh sudut-sudut kota dengan lautan pelanginya, menebar wangi bunga dengan kata-kata manisnya, dengan sentuhan kasih sayangnya. Jika aku meninggalkan kota ini, kelak dia akan selalu hadir dalam kenanganku yang sangat indah, dengan kenangan syahdu dalam hangatnya api pendiangan.

Semua bahasa di dunia ini, pastinya punya ungkapan yang hampir sama: ‘apa yang tak kaulihat, tak akan kausesali’. Harus kukatakan bahwa ungkapan itu tidak sepenuhnya benar. Aku ingin memahami, bahwa apa yang pernah kulihat itu, tak akan pernah kusesali. Terkadang ada suatu momen dimana pandangan pertama pada seseorang bisa menjadi kenangan yang sangat dalam. Segala rasa atau hal-hal yang kita tahan dan coba lupakan, atau semakin kita jauhkan, malah akan semakin dekat di dalam hati. Jika kita berada di suatu kota perantauan, kita akan selalu mengenang setiap serpihan memori dari tanah kelahiran kita, kampung halaman kita. Kalau kita jauh dari orang yang kita cintai, semua orang yang kita temui di jalanan akan mengingatkan kita pada kekasih hati itu.

Dalam kitab suci semua agama berkisah tentang kemauan Tuhan ketika mengusir Adam dari surga. Boleh jadi, Tuhan sengaja menjauhkan Adam dan seluruh keturunannya dari surga, supaya kita semua selalu mengenang kisah itu, mengingati kembali setiap perjumpaan dengan-Nya tatkala kakek Adam  berada di surgaNya.  Di tanah pengasingan inilah, di bumi ini, kita semua merindukan Tuhan, membangkitkan keimanan yang sanggup menggugah semangat hidup seluruh umat, menjalani ziarah cinta di setiap jengkal muka bumi, menuju kepada surgaNya kembali. Melalui para nabi.. mereka menuliskan setiap pertanda kehadiran-Nya ke dalam kitab-kitab suci, supaya seluruh umat manusia sanggup membangkitkan kenangan itu kembali – supaya kita semua tidak melupakan siapa kita yang sesungguhnya. Kenangan itu, serta kerinduan itulah.. yang menjadi alasan kenapa hidup ini terasa sangat indah.

Semua orang pasti tahu cara mencintai, karena itu adalah rahmat yang menyertai kita sejak lahir ke dunia. Banyak orang yang punya bakat alami untuk mencintai, namun sebagian besar kita terpaksa harus belajar kembali dan mengingat-ingat cara mencintai. Semua orang tanpa kecuali, harus kembali menyalakan api emosi yang telah lama pupus, agar dapat kembali merasakan kebahagiaan dan kepedihan tertentu. Menghayati pasang surut kehidupan, hingga kita mampu menemukan benang merah yang membentang di balik setiap perjumpaan dua hati. Karena benang merah itu sesungguhnya ada. Iya… benar-benar ada, karena Tuhan sendiri yang menyediakannya dan menjadi penghubungnya.

Kalau sudah begitu, barulah segenap raga kita akan mengungkapkan bahasa jiwa yang kita kenal dengan bahasa  cinta. Dan itulah yang bisa kuberikan kepada seseorang yang telah memberikan serta memulihkan kembali jiwaku, meski dia belum tentu tahu betapa besar artinya semua itu bagiku. Akan kuberikan butiran kebahagiaanku padanya, aku ingin dia benar-benar bahagia.”

.………………………………………………..
75 % diadaptasi dari novel Paulo Coelho, berjudul Eleven Minutes.
See : Ziarah Cinta 1, Ziarah Cinta 2.

Comments

yangputri

pertamaaaaxxx di blog bang moudy sik asik

Apr 21.2010 | 07:16 am

yangputri

siapakah gerangan wanita itu??
Yang pasti ada hubungannya ama hari kartini ya?
Met hari kartini !

Apr 21.2010 | 07:19 am

elmoudy

yang putri,, yooi… met hari kartini jg ya .. moga makin perempuan aja hehee :_:

Apr 21.2010 | 08:52 am

zee

Tulisan lu ini manis sekali, Mod. Bagaimana lu menggambarkan sebuah kehidupan lengkap dengan benang merahnya, dan bagaimana menyikapi rasa cinta dengan lebih wise dan terbuka.
Tidak ada yang perlu disesali, karena jatuh cinta itu indah sekali…

salam pagi ya mod… :)

Apr 21.2010 | 09:04 am

julie

duhh cantiknyaa
kalo komen di sini pasti terpaku sama gambarmu moudy
selalu keren :D

Apr 21.2010 | 09:40 am

elmoudy

Zee,, gw hanya coba merasakan apa yg dirasakan perempuan itu kok Zee.. :)
Julie,, .. ah bisa aja lo hehee..

Apr 21.2010 | 10:14 am

nakjaDimande

OOT : Zee adalah pecinta tulisan Mody.. setiap kesini bundo selalu mengamati komennya Zee, tak pernah biasa-biasa saja.

sedangkan bundo adalah pecinta Mody, sama-sama aneh suale.. dan sesama orang aneh kadang susah mengerti, Xixixi..

apaan siyh bundo?
Selamat Hari Kartini buat Lengkung Indahmu ya Mod.

Apr 21.2010 | 11:20 am

elmoudy

Bundo,, hahhaahaaa…. duh Bundo bisa aja. sesama orang aneh gak perlu saling nyindir hehe. makasih ya Bundo atas penilaiannya itu. slalulah komen yg aneh2 disini yaa y_

Apr 21.2010 | 12:09 pm

tata

y_
sebesar kebahagiaan kita adalah sebagimana org terkasih merasa bahagia,,karna maupun bukan karna kita.. :)
suatu kebanggaan terbesar,, adalah ketika sekecil butir perhatian kita dapat membuat suatu pribadi menjadi berkobar!!! (motivasi)
gada sesuatu yg wajar untuk disesali..karna semua itu bernilai..
0-9 (adalah angka)
0 = nilai
0 = nihil.
jadi,,gakda yg sia sia,,cuma nihil..(itupun ‘bernilai’).. :)

Apr 21.2010 | 01:40 pm

elmoudy

tata,, seperti biasa, sulitku menerka apa yg masih tertutup itu. ..karna maupun bukan karna kita…???
0, akankah beranjak dari posisinya, ? hh.. ntahhlah :cofe:)

Apr 21.2010 | 03:13 pm

zenteguh

Melankolis dan amat romantis.
Selamat menikmati dunia yang cerah mas. Selamat berbahagia…

Apr 21.2010 | 04:07 pm

srex

mau nggak mau kita harus mengakui, cinta merupakan mesin penggerak yang tak kenal lelah, membuat manusia selalu penuh dg daya kreasi, prokreasi, juga daya cipta…bukan semata-mata menjadi lebih manusiawi kan …?
ps: saya link ya mas…

Apr 21.2010 | 04:09 pm

dobleh yang malang

semoga cinta yang engkau miiliki tetap bisa membuatmu bahagia selalu
salam hangat dari blue

Apr 21.2010 | 05:28 pm

Masdin

Semoga saja dia tahu yah…..

Kadang saya iri membaca tulisan sabahat2 yang seperti ini, habis aku belum bisa nulis kayak gini, masih kaku kayak pohon tebu :)

Apr 21.2010 | 05:55 pm

Danu Akbar

hm..
maaf nih..
saya bingung mau komen apa.. :(

Apr 21.2010 | 06:29 pm

hakim

indah banget tulisannya bang,apalagi ungkapan tentang alasan tuhan menjauhkan adam dari surga,ya agar manusia kangen dengan kampung halaman yang sebenarnya

Apr 21.2010 | 06:42 pm

Anonymous

indah banget tulisannya bang,apalagi ungkapan tentang alasan tuhan menjauhkan adam dari surga,ya agar manusia kangen dengan kampung halaman yang sebenarnya

Apr 21.2010 | 06:43 pm

re

salam kenal yah sob

Apr 21.2010 | 07:47 pm

mbah jiwo

setelah membaca betul lebih feminim…

Apr 21.2010 | 09:49 pm

Dewi Yana

Assalamu’alikum, Subhanallah, cinta adalah anugrah Allah pada hambaNya. Dia pasti seorang wanita yang sangat istimewa bagi Bang Moudy.. semoga bahagia selalu..(Dewi Yana)

Apr 22.2010 | 09:13 am

Kika

Menyenangkan membacanya Bro. Setiap manusia selalu tahu cara mencintai. Dan betul, kenangan selalu mencari pintunya sendiri.

Apr 22.2010 | 09:55 am

Dika

Apa yang telah dipersatukan oleh Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia.:#

Apr 22.2010 | 10:05 am

fansmaniac

Fhoto ceweknya cakep juga ya? Ceritanya menarik banget dan bisa menginspirasi…

Salam Kenal

Apr 22.2010 | 11:38 am

Amink

izin berkunjung…

Apr 22.2010 | 02:51 pm

aldy

Mas El,
Ada kalanya kita terdiam tidak tahu mencintai, walaupun itu hanya sesaat.
Tetapi dikali yang lain, kita justru buta karena cinta. Just my 2 cent.

Apr 22.2010 | 04:31 pm

idebagusku

tulisannya penuh makna, saya suka

Apr 22.2010 | 08:09 pm

Afif

duh, manisnya.. foto & tulisannya :D

Apr 22.2010 | 08:31 pm

vany

yah, itulah cinta, mas….
bahagia bila melihat org yg kita cintai bahagia….hehehe
semoga dia membalas cintamu ya….. :)

Apr 22.2010 | 10:06 pm

Donny

Jadi speechless juga. Dalem tulisannya bang, salam kenal..:sip:

Apr 22.2010 | 10:38 pm

kira

fotonya cantik tenan,hehehe
eh,
sisi kelembutanku akan muncul dan aku merasa lebih feminim daripada maskulin
itu maksudnya apa?
hehehehe

Apr 23.2010 | 01:07 am

antokoe

setiap berkunjung kesini, sering terpana, penuh makna

Apr 23.2010 | 03:18 am

RyZack

Kagum sama tulisannya, gak bisa komentar apa-apa ~_~ :_:

Apr 23.2010 | 07:22 am

bundadontworry

bunda selalu menyukai tulisan Mas Moudy yang selalu punya ciri khas sendiri, lain dr yang lain.
dan, selalu berhasil membuat bunda terkagum2 dg tuturan kisah yg penuh kata2 ‘aneh’ yg indah.
titip salam sayang bunda utk ‘wanita’ mu ya Mas.
salam

Apr 23.2010 | 07:27 am

thedollarcorner

merasa lebih feminim daripada maskulin…
wah, lama juga saya ngak membaca dua istilah di atas :)
nice post bro, dan sangat asik untuk di baca:sip:

Apr 23.2010 | 08:39 am

cempaka

wah *terbengong2* .. tulisannya cantik.. fotonya juga cantik.. reancak banar |_|y_

Apr 23.2010 | 10:04 am

darahbiroe

wah cantik nian itu wanita dipojok kiri atas
hehhehe
selamat hari kartini juga buat semua

Apr 23.2010 | 10:11 am

fanny

belum pernah baca novelnya nih.

Apr 23.2010 | 10:20 am

Batavusqu

Salam Takzim
Kisah yang menjadikan ingatan pada ibuku
15 tahun silam, gan
Salam Takzim Batavusqu

Apr 23.2010 | 10:55 am

ismi

cantik boneng gan ceweknya :_: :sip:

Apr 23.2010 | 10:58 am

zhie

salam kenal mas…
tukeran link yuk…
link mas udah ada di blog saya:)

Apr 23.2010 | 11:01 am

tary

romantis, itu ajah, bingung komen apa lagi.

Apr 23.2010 | 11:09 am

Riyanti

hmmm…
benang merahq kapan ea dteng? xixixi….

cakep bener nich pic-na….

salam sayank…

Apr 23.2010 | 12:02 pm

delia

Bahasanya indah sekali…
beruntung sekali wanita tersebut..:_:….

Apr 23.2010 | 01:34 pm

Yori

Duh… co cwiit… :D
Tapi kalo baca-baca novel dan cerpen saya kurang suka. Mending dengar ceritanya aja, atau nonton aja kalo udah dipilemkan :_:

Apr 23.2010 | 02:08 pm

Plesiran

membuat orang lain bahagia merupakan perbuatan yang terpuji dan tentu juga berpahala.
Salam hangat dari Plesiran-media untuk mempromosikan wisata daerah anda secara gratis. Bahkan jika artikel anda dimuat akan tersedia tali asih berupa buku bermanfaat pilihan anda.

Apr 23.2010 | 02:22 pm

bayuputra

WAH JUDULNYA … MENGENA SEKALI DI HATI ….

Apr 23.2010 | 02:43 pm

bayuputra

di tunggu cerita akhir nya … nggak berani bilang cantik nih sama gambarnya soalnya istri ada di belakang mengamati hee…

Apr 23.2010 | 02:44 pm

andipeace

selalu menyantap hidangan yang penuh khas mas elmoudy.. tulisan penuh makna, kalem, enak dibaca dan bertanya (apakah mas elmoudy ini lulusan sastra) :D

salam buat zee ya mas :D

Apr 23.2010 | 06:00 pm

Ferry Prima

berbanggalah dia yang kau cintai. Mereka bisa dimanjakan dengan kata-kata indah mu, terlebih hati mu yang benar-benar bisa mengeksprsikan perasaan *ikut2an mellow

Apr 23.2010 | 07:07 pm

sitopatop

wah novel filsafat ya.. pasti saya harus ngulang2 bacanya di tiap paragraf biar faham… salam cinta btw. |_|

Apr 23.2010 | 07:31 pm

agnes sekar

Cinta semua orang memiliki, Ironisnya, manusia mudah sekali meninggalkan cinta, meskipun kemanapun pergi akan tetap dibawanya. Cinta adalah perangkat manusia yang utama ketimbang harta benda. Cinta akan dibawa mati. Jadi tidak ada kekayaan yang paling setia kecuali cinta, karena itu perlu kita mengupayakan agar cinta itu selalu ada, trims tulisan yang bagus,

Regards, agnes sekar

Apr 23.2010 | 07:41 pm

Asop

Mencintai itu indah. :)

Apr 23.2010 | 08:54 pm

asepsaiba

Berbahagialah.. Meski tanpa ia di sisimu.. :)

Apr 23.2010 | 10:46 pm

Rindu

Saya akan kembalikan semua cinta kepada pemberi cinta :)

Apr 24.2010 | 01:29 am

jumialely

Mouuudyy, cinta itu adalah nafas, mengalir diseluruh tubuh dan tak bisa lepas dari kehidupan. Jika cinta memulihkan jiwamu, peliharalah rasa cinta itu.

jika cinta itu tak bisa menjadi milikmu selamanya, berikan senyum terindah untuk cinta itu.

memberikan cinta akan jauh lebih indah dari pada mengharap dicintai

selamat mencintai

Apr 24.2010 | 09:26 am

jumialely

dan moudyy sudah melakukan seperti yang ada di blogku kan

sekarang semuanya cerah.. itu lah pernyataan terindahmu :D

Apr 24.2010 | 09:28 am

wawansri

cinta…
pernah mendamba…
pernah pula menderita..

Apr 24.2010 | 09:33 am

ruang hati blog

cantiq dan rupawan, ayu dan menawan

Apr 24.2010 | 10:39 am

richo

cinta selalu bikin terbuai buai buai hehhe

Apr 24.2010 | 11:56 am

anny

Kisah inspirasi yang tak pernah habis :)
Pic nya cuantikkkkkk tenan he..he…

Apr 24.2010 | 02:41 pm

mr psycho

semoga bahagia dan berlanjut untuk selamanya bro, btw salam kenal ya

Apr 24.2010 | 11:22 pm

richo

cinta memberi warna dalam hidup dan membangkitkan gairah dalam bersosialisasi dengan yang lain :)

Apr 25.2010 | 03:47 am

budiastawa

Bang Moudy, saya hanya ingin memuji tulisan anda. Tulisan yang indah, mengalir dengan melankolis.

Apr 25.2010 | 07:06 am

Eka JaHe

cinta bisa menyatukan 2 hati yang berbeda….

Apr 25.2010 | 10:57 am

tukangpoto

Untuk mencintai dan dicintai memang sudah menjadi takdir manusia. Berbahagialah orang yang bisa mengalami keduanya.Salam jepret!

Apr 25.2010 | 12:17 pm

tukangpoto

Dicinta dan mencintai,itulah harkat manusia…

Apr 25.2010 | 12:18 pm

sunflo

gambarnya cuantik moud… hehehe…

Apr 25.2010 | 01:55 pm

rose

moudy sedang jatuh cintakah?? ~_~

Apr 25.2010 | 01:55 pm

yos

wah tulisananya mas elmoudy ki jan tenan…
berat je… dan bagus tentunya,,,
coba mas tanya eyang, simbah, atau kakek apa ada garis keturunan dari sang maestro “gibran” :D:D

Apr 25.2010 | 02:25 pm

zulhaq

wewwww…bener bener penuh dengan sentuhan cinta.

siapakah sosok yang beruntung itu??? tak adakah getaranmu yang dia rasakan??? *tsaahhh…sok puitis gw*

Apr 25.2010 | 03:05 pm

Hariez

sore sob…maaf baru bales kunjungan <_>

Apr 25.2010 | 04:56 pm

Hariez

berbicara cinta berarti kita berbicara rasa yang berarti ??? *mikir mode on* oh ya berarti tentang hasrat yang membuat perasaan serba abstrak *ngawur*

dan setiap perasaan cinta memiliki makna yang berbeda-beda, bukan begitu sob ? :D

salam hangat

Apr 25.2010 | 05:07 pm

dheelaa

paulo coelho novelnya selalu keren, banyak makna dan penuh cinta

Apr 25.2010 | 08:28 pm

khatulistiwa

cinta bisa tumbuh kapan saja..saya yakin orang tidak bisa hidup tanpa cinta..

Apr 25.2010 | 08:37 pm

isnuansa

Sebagai pengagumnya Nidji yang bilang Cinta tak akan pernah Salah, maka tak ada yang patut disesali jikapun kita telah merasa langkah kita salah.

Dan saya pun suka dengan Padi yang bilang Segala kebaikan tak kan terhapus oleh kepahitan, kulapangkan resah jiwa, karna kupercaya, kan berujung indah…

Entahlah, semoga saya tak salah mencerna tulisan ini…

Apr 25.2010 | 09:56 pm

Deka

mmmm cinta..! pantai derita lautan air mata.
Just My Opinion.

Apr 26.2010 | 01:42 am

ismi

halu elmo….
bolehkah qt tukeran link??
langsung mejeng tuh link mu….

Apr 26.2010 | 09:24 am

firdaus

hati2 membaca tulisan ini bisa menyegarkan jiwa yang telah layu….. :_: … jadi tetap semangat untuk terus mencintai walau kadang sering terabaikan |_|

Apr 26.2010 | 10:39 am

hanif

Salam kenal
Sobat,
Kata-katamu indah terangkai dan sarat akan makna. Aku yakin bacaan sastramu kuat. Btw sebelumnya maaf aku kurang setuju dengan kata-katamu ini, “semua agama berkisah tentang kemauan Tuhan ketika mengusir Adam dari surga”. Kurasa tidak semua agama ada kisah tentang Adam.

Apr 26.2010 | 07:04 pm

MLM Software Bangalore

Malah akan semakin dekat di dalam hati. Jika kita berada di suatu kota perantauan, kita akan selalu mengenang setiap serpihan memori dari tanah kelahiran kita.

Apr 26.2010 | 09:30 pm

Mas Joe

indah nian tulisanya apalagi ditambah dengan photo ceweknya tambah indah.

Salam kenal mas:sip::sip:

Apr 27.2010 | 02:08 am

papadanmama

iihh…cantiknyaaaaa
“akan kuberikan butiran kebahagiaanku padanya, aku ingin dia benar2 bahagia”

bagus sekali untaian katanya bang
romantis :D

Apr 27.2010 | 03:40 pm

yanrmhd

kunjungan pertama dan wah…dapati sebuah karya yang indah ^.^

salam kenal
senang bisa bersilaturahmi ke sini :)

Apr 27.2010 | 08:40 pm

orange float

jarang sekali saya temukan cowok yang suka baca novel. pasti yang punya blog ini orangnya romantis :)

Apr 27.2010 | 09:09 pm

yustha tt

Wuaaa… Eleven Minutes masih jejeran ma The Witch of Portobello & The Winner Stands Alone, ketiganya blm dibaca, hiks… Sukaaaa bgt sm Paulo Coelho… Dan sy jg suka cara bertutur bang moudy..

Salam kenal bang moudy.. :)

Apr 27.2010 | 10:48 pm

andipeace

berkunjung menyapa sobat blogger..memberitahukan ada awaard tag buat anda mas elmoudy..diambil ya mas..matur nuwun

salam adem ayem

Apr 28.2010 | 01:09 am

richo

pagi kawan….. semangat hari ini

Apr 28.2010 | 06:35 am

Didien®

setiap membaca tulisan bang Moudy, jiwa saya kuq seperti gmn gitu…
tiap tulisan yg saya baca perkata selalu harus meggunakan energi tersendiri…*hehehe lebay gini komenku*
maaf baru sempat berkunjung lagi..kesibukan saya yg membuat tidak bisa blogging…

salam, ^_^

Apr 28.2010 | 08:54 am

fay

fotonya bagus… cantik.. :_:

*asli komen ngawur*

:D

Apr 28.2010 | 11:16 am

AtA chan

..
Tulisanmu dalem banget sob..
..
Aku cuman baca buku coelho yg the witch from portobello..
..
Salam hangat..:-)
..

Apr 28.2010 | 11:51 am

nenyok

salam..
Cinta.. ya, klo cinta jangan nakal kalau nakal jangan cinta, itu aja lah..baru aku percaya. :)

Apr 28.2010 | 02:54 pm

edratna

Bahasa cinta…..
Jika kita mencintai sesuatu maka kita akan berusaha maksimal untuk terlihat baik…

Dan jika kita bisa mencintai makhluk hidup, maka kita akan menyayanginya, dan berbuat baik bagi sesamanya

Apr 29.2010 | 05:51 am

nurhayadi

Maaf untuk berpisah :((

Apr 29.2010 | 01:29 pm

Ferry Prima

saya kira sudah ada falsafah 4, ternyata belum hehe

Apr 29.2010 | 03:25 pm

Mas Anto

wah seperti biasa, dalem dan saya gak bisa nulis kayak gini

Apr 29.2010 | 04:34 pm

Fadhlul Fahmi

ditunggu ziarah ke 4 :D

Apr 29.2010 | 08:51 pm

Info Kerja

wah..tulisannya berat bagi saya yg awam ttg spti ini. dicb cerna dlu ya

Apr 29.2010 | 08:53 pm

Mamah Aline

rasa cinta bisa saja tak perlu diungkapkan dengan memeliharanya dalam hati bisa menjadi sebuah kebahagiaan

Apr 30.2010 | 09:27 am

wi3nd

dan..perempuan ituh pastinya senan9 san9ad yah mendapatkan buliran cintamu ;)

May 01.2010 | 01:21 pm

Duniaku

aku tidak berharap apapun dari perasaan cintaku ini. Bagiku, cukuplah rasa cintaku seperti ini, bercengkerama dengannya dalam anganku, menghias seluruh sudut-sudut kota dengan lautan pelanginya, menebar wangi bunga dengan kata-kata manisnya, dengan sentuhan kasih sayangnya.

Saya suka banget dengan tulisan yang diatas…hmmmmm

May 06.2010 | 08:07 pm

anantobudiarto

gue jadi pengen baca novelnya dah…

May 13.2010 | 02:49 am

Rita Susanti

Novel-novelnya Paulo Coelho memang sarat makna dan penuh dengan filsafat kehidupan…

Beliau kerap bercerita tentang Cinta, perjuangan meraih impian, dan juga tentang tanda-tanda dalam kehidupan…Btw Penggemarnya Paulo Coelho ya mas?

May 13.2010 | 03:14 pm

wiwi

tulisannya ok banget..semoga manfaat

Aug 02.2010 | 09:38 am

aisya izora

wah…. keren banget ya novelnya……..
bikin ane mengeluarkan air mata.

Aug 03.2010 | 09:38 am

Dimagrire Velocemente

wiihhh… judulnya itu lho … |_| |_| dalem banggett …

Feb 21.2011 | 10:39 am

souvenir pernikahan

Semua orang tahu cara mencintai, tapi susah mendapatkan yang dicintai.. jadinya dapetnya “seadanya” hehehe

Oct 10.2012 | 01:41 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

+ 25 = 33