Tron : Legacy

Grid. Sebuah perbatasan digital. Aku mencoba menggambarkan arus bit informasi yang bergerak pada layar komputer. Seperti apakah mereka? Kapal..sepeda motor. Dengan sirkuit seperti jalan raya yang bebas hambatan. Aku terus memimpikan dunia yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Dan kemudian, pada suatu hari…aku masuk ke dalamnya.

Grid. Sebuah lingkungan virtual dimana saat aku masuk ke dalamnya terasa gelap, kelam, mendung.. dengan pendaran-pendaran neon biru laut yang terang, kilauan sinar laser yang futuristik dan spektakuler. Yang mana ada sebuah permainan..tepatnya pertarungan cakram pada arena grid kaca. Atau balapan pacu lightcycle dengan sirkuit pita cahaya yang cepat dan membahayakan. Sangat menyenangkan sekali. Sebagaimana komposisi grid pada layar komputer…ia adalah sebuah model terain piksel yang bergelombang, bertingkat..dengan landasan permukaan yang datar dan tanpa batas. Aku merancang dan mendesain sistem Grid…dengan beberapa algoritma genetis dan teleportasi kuantum.

Aku pun menciptakan sebuah program yang aku namakan dengan Clu (Codified Likeness Utility), sebuah program sebagai duplikasi diriku yang aku tugaskan untuk terus berada di dalam Grid, menyempurnakan sistem hingga sampai pada titik maksimum. Satu lagi adalah Tron, sebuah program yang aku ciptakan untuk menjaga Grid dari kekacauan. Kami bertiga : aku, Clu, Tron … membangun sebuah kota megapolitan yang kami namakan..Tron City.

ISO : Algoritma Isomorfis. Sebuah program yang tercipta dengan sendirinya di dunia Grid. Ia tidak seperti Clu ataupun Tron yang aku ciptakan untuk misi tertentu. ISO adalah sebuah keajaiban.. seperti api yang menyala tanpa diketahui darimana berasal. Layaknya bunga yang lahir dari tanah yang terbengkalai. Mereka adalah entitas program bio-digital yang hidup dan eksis tanpa bisa diketahui siapakah yang menciptakannya dan untuk misi apa ia berada di dunia Grid. Organisme virtual yang memiliki struktur biologis yang mirip dengan manusia, tapi ia berada di dunia Grid. Semacam DNA Digital..mereka memiliki keturunan yang membentuk sebuah komunitas besar yang memiliki keunikan gen dan identitas yang berbeda. Mereka adalah program yang tidak dikenali..atau bisa jadi mereka lebih sempurna dibandingkan dengan program-program yang aku ciptakan.. lebih baik daripada Clu atau Tron. Dan aku menyadari..bahwa tidak ada yang namanya kesempurnaan.

Atas alasan itulah, Clu marah dan mengkhianatiku. Ia bahkan membunuh Tron. Ia tidak terima dengan kehadiran ISO… dan menganggap mereka adalah sekumpulan program cacat ..tidak sempurna… dan layak untuk dibersihkan. Grid adalah sistem yang sempurna dan tidak boleh ada ketidaksempurnaan di dalamnya. Clu merasa telah bersusah payah menciptakan sistem Grid..dan ia ingin semua program yang hidup di dunia Grid berada pada tingkat kesempurnaan. Clu berusaha melakukan pembersihan sistematis, menghabisi¬† ras ISO dengan sadis…semacam Genosida. Aku pun berusaha menghindar dan mengasingkan diri di wilayah Outlands. Dan satu-satunya ISO terakhir yang bisa aku selamatkan…bernama Quorra.

Quorra. Sosok Algoritma isomorfis terakhir.. yang selamat dari upaya Genosida yang dilakukan oleh Clu. Ia seorang gadis yang baik. Kini ia bersamaku..dan satu-satunya sosok yang setia menemaniku hidup di pengasingan digital. Ia tahu tentang makna penyingkiran diri dari persamaan. Ia adalah murid terkasih yang hidup dari jiwa yang lelah. Aku membagi pengetahuan kepadanya tentang apa saja yang hidup di dunia nyata.¬† Aku ceritakan tentang matahari terbit.. udara yang segar.. langit biru..tentang semua hal yang membuat kita merindukan untuk segera kembali ke sana. Dan aku tahu ia pun ingin sekali melihat dunia nyata… terobsesi untuk menerobos portal untuk bisa keluar dari lingkungan Grid.

Tapi aku tetap harus berada di sini… di sebuah pengasingan digital.

< to be continued >

Daft Punk – The Grid by vission music

56 comments

  1. Sugan teh bahasa tersendiri, ternyata saduran atau terjemahan dari filmnya itu sendiri. Tetapi mantab untuk pilihan kata-katanya. Sudah nonton trailernya tapi belum untuk filmnya. Salut!

  2. Antara cerita yang dinantikan oleh saya sejak Tron yang pertama. Sesungguhnya kali ini lebih menarik kerana kecanggihan teknologi dapat meningkat kualitas gambar.

    Belum berpeluang menonton cerita Tron ini lagi

  3. Assalaamu’alaikum Mas Elmouldy…

    Sungguh terseksa bila hidup ini ditentukan dalam garisan yang memisah antara maya dan nyata. Kepantasan dunia digital dan tarikan yang dipamerkan menerusi kehebatan geraknya tentu tidak akan menyamai keindahan dunia nyata yang penuh dengan aroma segar yang hidup melata mewangikan alam sekitar dengan bauan pelbagai citra.

    Sungguh duniaku ini banyak pancaroba yang patutku tempuh. tetapi tidak ada satupun yang bsa menangingi kelembutan alam sekitarnya yang berwarna warni.

    Salam mas Elmoudy, ulasan yang mantap dan membawa kita meresap dalam jauh di balik sana. Salam mesra selalu.

    SELAMAT TAHUN BAHAR 2011.

  4. “Terobsesi untuk menerobos portal untuk bisa keluar dari lingkungan Grid.” – Dan akhirnya Quorra pun bisa merasakan hangatnya matahari. Filmnya lumayan y_

  5. gue cuma penasaran saat loe nonton film ini mauw.. :D
    ** pengen tau ajah expresi wajah dirimu he he

    loe pasti penonton sejati yang ndak suka bawa cemilan saat nonton..

    soal bahasan film ini udah ndak diragukan lagi,ruh berasa ke gue :)

  6. Kembali menyapa saudara Elmouldy di awal tahun 2011. selamat tahun baru. Tulisannya makin bagus dan selalu memberi inspirasi dari penggunaan kata dan bahasanya. Semoga selalu sukses.

    Salam indahkasihku.

  7. Lagi dan lagi tulisannya penuh dengan rasa penasaran.
    Jadi bener2 pengen nonton ni film.
    Sayangnya bioskop di Jayapura gak ada, jadi mesti nunggu DVD bajakannya keluar, huehehehhe..

  8. YAAAH.. SAYANGNYA SAYA BELOM NONTONIN NI PILEM?? KEBANYAKN NONTON SINETRON SIH, JADINYA SAYA GAK TAU… HUHUHU

  9. Grid. Sebuah lingkungan virtual dimana saat aku masuk ke dalamnya terasa gelap, kelam, mendung.. dengan pendaran-pendaran neon biru laut yang terang, kilauan sinar laser yang futuristik dan spektakuler. great work keep going

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 7 =