29.11.2010 | 11,329 views

Sore ini..aku masih terbayang dengan beberapa kilasan memori semalam, yang mengingatkanku dengan salah satu obyek sederhana dalam film Inception, sebuah benda kecil yang disebut dengan totem. Aku menatap beberapa lama gambar totem yang biasa dipegang oleh Dominic Cobb. Cobb menjadikan totem berbentuk gasingan kecil itu sebagai alat semacam alarm untuk membedakan apakah dirinya masih berada di alam mimpi ataukah sudah berada di alam nyata. Cobb, begitu serius ketika mengamati putaran gasing kecilnya itu, dan menunggu beberapa lama hingga totem itu berputar goyah dan berharap ia berhenti berputar. Jika totem itu berhenti maka Cobb benar-benar sudah terbangun dari tidurnya. Tetapi sebaliknya, jika totem itu terus berputar tanpa henti, maka Cobb masih terjebak dalam labirin mimpi. Jika sudah demikian, Cobb akan berusaha mencari cara untuk bisa keluar dari mimpinya, dengan melakukan beberapa kali ‘tendangan’ – sehingga membuatnya terkejut dan terbangun dari tidurnya. Teka-teki ending dari film itu masih menjadi perdebatan panjang, “Is Cobb still dreaming?”

Dan pada kenyataannya, dalam beberapa kilasan mimpi yang seringkali kita alami… totem itu memang ada dan selalu menjadi bagian penting dalam sebuah mimpi. Totem itu menjadi media kunci dalam mempertanyakan eksistensi diri, apakah kita benar ada di alam nyata ataukah masih terjebak di alam mimpi. Mungkin kita pernah bermimpi, saat kita entah kapan dan dimana sedang memakan buah apel dan berusaha menggenggamnya erat, dan sedetik sebelum kita mau memakan apel itu – dalam batin kita sempat bertanya apakah ini benar-benar nyata ataukah hanya mimpi. Apakah apel yang kita pegang ini nyata ataukah tipuan? Dan alam bawah sadar kita memaksa kita untuk yakin, bahwa apel itu benar nyata adanya, dan pada akhirnya kita memakannya dengan penuh semangat. Sekejap, kita terbangun dan ternyata itu hanya mimpi. Dan apel itu lenyap. Ada sedikit penyesalan sebetulnya, kenapa kita sampai meyakini bahwa itu adalah nyata. Kita merasa tertipu mungkin. Tapi itu tidak penting karena kita ingin tidur lagi.

Begitulah mimpi. Banyak tipuan yang termanifestasi secara sempurna dan kita tidak tahu pasti dimanakah kita berada, kapankah mimpi itu dimulai dan kapan akan berakhir. Tahu-tahu ia muncul dengan banyak paradoks dan utopia yang kadang membuat kita menjadi sosok yang sangat hebat, tapi kadang-kadang kita malah menjadi pecundang yang lari terbirit-birit dikejar hantu. Dan ada satu mimpi yang sebetulnya membuat kita merasa bukan bagian dari tokoh utama dalam adegan mimpi itu..dimana kita hanyalah sosok yang tidak jelas perwujudannya seperti apa. Tapi kita tahu dan seolah menyaksikan sebuah peristiwa yang mengalir dengan lembut dan bisu..kita seperti sedang berada di dunia digital 3D..semacam hologram atau proyeksi matriks, atau apalah namanya. Kita seperti sesuatu yang teramat lembut…tipis…dan tiba-tiba kita bisa terbang melayang dengan sangat ringan. Melayang terbang tanpa beban. Jika ada sedikit saja obsesi untuk mempertanyakan apakah ini mimpi atau bukan, atau berusaha mendorong ingin terbang lebih tinggi, tiba-tiba kita kehilangan daya dan malah lenyap seketika.

Totem. Aku masih mengamati dan memutar otak seolah ada sesuatu yang lebih misterius dengan totem yang dipegang oleh Cobb itu. Gasingan kecil itu, mengingatkanku dengan tarian sufistik Jalaludin Rumi yang dikenal dengan whirling dervish. Putaran yang konstan dan stabil…membawa kedamaian dan ketenangan yang luar biasa. Tapi pada sisi lain dalam waktu yang bersamaan, ada secuil kekhawatiran terhadap putarannya yang semakin lama semakin melambat…limbung dan menggoyah keseimbangannya. Totem itu juga menyerupai simbol konfigurasi elemen antimateri sebagai mirror of the universe (CERN Courtesy). Didasarkan dari postulat kosmologi yang menyatakan bahwa alam semesta ini terdiri dari komposisi simetris antara unsur materi dan antimateri dalam volume yang sama. Dan seperti yang kita tahu bahwa alam semesta bergerak mengalir secara konstan dengan kapasitas yang terus berevolusi dan mengembang. Jika ada ketidakseimbangan dengan komposisi materi-antimateri itu..maka bisa diprediksi akan terjadi chaos, atau sebuah peristiwa yang disebut dengan goncangan kosmik.

Aku masih berusaha menatap sekali lagi totem sebagaimana Cobb memandanginya dengan serius. Beberapa kilasan memori sesekali muncul tenggelam di permukaan pikiranku, dan memunculkan satu pertanyaan retoris ..sedang apakah aku ? Benarkah aku berada di alam nyata.. ataukah malah tersesat di alam mimpi tanpa bisa menyadari apa yang sebenarnya sedang berlangsung? Sempat kuragukan, bahwa semua ini hanya mimpi. Hanya mimpi. Aku berusaha untuk terbangun..dengan melakukan beberapa kali ‘tendangan’. Dan berharap ada goncangan kuat yang benar-benar membangunkanku.

Comments

Rama

Biasanya kalau lagi mimpi mau makan sesuatu,
pas hampir makanan itu saya gigit, tiba2
saya terbangun…

hehehe

Nov 30.2010 | 08:04 am

achoey

kau, adalah jiwa penuh semangat
bangun dan mulailah :)

Nov 30.2010 | 09:37 am

bundadontworry

karena mimpi ssebenarnya juga bisa kita lakukan tdk dengan mata yg tertutup,
dengan mata terbuka kita bisa bermimpi utk selalu melakukan yg terbaik .
salam

Nov 30.2010 | 12:10 pm

ibnu

mimpi oh mimpi, terkadang ia bisa membuatku takut

Nov 30.2010 | 03:50 pm

Mas Lalu

Mimpi adalah permulaan dari suatu kenyataan

Nov 30.2010 | 04:59 pm

Prima

Tulisan yang dalam sekali…saya sampai harus megulang bebrapa kalimat, nice mas…

Saya pernah mimpi gak bisa buka mata sebelah kanan, tapi mata yg kiri buka…tiba2 kaget terbangun dan saya bermimpi, gila, nyata banget, saya sampai pegang mata saya, serem… hehehehe…

Nov 30.2010 | 07:13 pm

Teras Info

Ada orang bilang, semua berawal dari mimpi…he..he…:D

Nov 30.2010 | 08:59 pm

mamah Aline

gak kebayang kalo bisa bermimpi sampai level keempat seperti Cobb, pada saat itu kenyataan dan mimpi jadi beda tipis

Nov 30.2010 | 09:21 pm

sawali tuhusetya

totem, mimpi, atau sejenisnya seperti memasuki sebuah dunia sonyaruri, mas moudy, hidup di antara ada dan tiada, hehe …

Nov 30.2010 | 11:37 pm

Clara Croft

Yang menyebalkan kalo sedang mimpi meraih sesuatu yang diinginkan dan kemudian terbangun dan menyadari itu ga ‘real’, hiks hiks.. sebel deh..

Tapi kalo mimpi Mama meninggal, nangis-nangis, dan terbangun.. lalu sadar kalo itu cuma mimpi dan mama masih sehat.. wahh.. itu menyenangkan sekali :)

Tapi pernah juga waktu saya baru kecelakaan motor, tangan saya terkilir, padahal sedang tugas akhir.. huuhhh.. malam itu saya tidur dan berharap pagi bisa bangun dengan tangan yang sehat, berharap kecelakaannya cuma mimpi.. ehh.. ternyata si tangan masih sakit aja.. hufff…

Dec 01.2010 | 08:34 am

zee

Mod.
Sorry lhooo… soalnya net di rumah gw lelet, bbrp dns ga kebuka. Apalagi dari bb, mo komen suka gagal… cape deee….
Ini dari kantor deh, gw bela2in halah hahaha…

Sejujurnya klo boleh memilih ya inginnya di alam mimpi saja ya Mod, krn kan bisa kita atur kita mau hidup kita seperti apa… Tp ya ga bisa begitu pula kan?

Tp gue selalu tahu klo gw lg mimpi, soalnya pas mo makan enak pasti ga ada rasanya hahaha…

Dec 01.2010 | 08:40 am

trisnok

hmm aku juga tau kalo aku lagi mimpi :D karena kalo aku mimpi aku bisa mengubah beberapa objek yang aku inginkan (niru di filem hehehe) dan aku kalo udah kejebak dalam mimpi yg gak aku suka biasanya aku langsung bilang ke diri sendiri untuk segera bangun..keseringan berhasil dengan cepat :D

Dec 01.2010 | 10:49 am

wi3nd

totem..
kirain tato temporery :_: *dijitak

mauw,

loe kok bisa sedalem itu seeh mikirnya??
gue uda baca berulang ulang,dalem banged mauw.)_(

bangun mauw!
sekarang bukan saatnya loe bermimpi,ini nyata,kan gue komeng mauw hi hi..

bicara mimpi kadang suka dejavu antara mimpi dan nyata…:#

Dec 01.2010 | 11:01 am

mandor tempe

seperti yang telah didapatkan sekarang. Apakah itu pangkat, jabatan dan kekuasaan, kalau memang itu hanya sebaas lewat dan tidak berbekas untuk diri sendiri dan orang lain, apa bedanya dengan mimpi ?

Dec 01.2010 | 11:06 am

masyhury

menarik sekali, :D
Izin menyimak saja lah,, ~_~

Dec 01.2010 | 11:46 am

ahmed fikreatif

totem itu gangsingan bukan sih Mou??
Totem adalah suatu entitas yang mengawasi atau membantu sekelompok orang , seperti keluarga, suku, atau rumpun tertentu. Totem mendukung kelompok yang lebih besar dari pada satu orang individu. (wikipedia)

aku kok bingung ya Mou..
mohon pencerahannya Gan…

Dec 01.2010 | 11:53 am

Anam

Tulisan yg bagus sekali…. saya mnyimaknya..

Dec 01.2010 | 01:08 pm

ysalma

dari awal baca saya mimpi ketemu Leonardo de caprio, dipertengahan serasa mimpi whirling dervishnya jalaluddin rumi, diakhirnya saya terjaga dengan menuliskan koment ini dengan totemnya melototin laptop dengan serius :#$

Dec 01.2010 | 06:46 pm

TuSuda

Teruslah membangun dalam semangat diri, agar tidak terlalu terbuai dalam bunga mimpi.

SALAM Hangat dari Kendari. 8)

Dec 02.2010 | 12:00 pm

dedekusn

Mimpi….
Setiap kita berharap mimpi indah & mimpi itu bisa jadi nyata.
Mari kita usahakan meraih mimpi sob. :)

Salam hangat & Piss…

Dec 02.2010 | 09:24 pm

Kakaakin

Bingung juga ya, kalo nggak bisa bedain yang mana mimpi yang mana nyata…
Jika kita mengalami hal buruk, akan sangat bersyukur jika kemudian kita terbangun dan menyadari bahwa itu semua hanya mimpi :D

Dec 03.2010 | 06:28 am

andinoeg

Film keren tuchy_

Dec 03.2010 | 08:34 am

anny

Postingan ini berhubungan banget sama postinganku he..he…..jangan takut mimpi :)

Dec 03.2010 | 10:58 am

itempoeti

“Dan seperti yang kita tahu bahwa alam semesta bergerak mengalir secara konstan dengan kapasitas yang terus berevolusi dan mengembang. Jika ada ketidakseimbangan dengan komposisi materi-antimateri itu..maka bisa diprediksi akan terjadi chaos”

dan saat ini…, kita telah berada di ambang chaos… mari kita saksikan bersama bagaimana 2011…

yang jelas, ini sama sekali bukan mimpi…

Dec 03.2010 | 04:42 pm

Danu Akbar

Jadi minder + ngiri nih. Inception yang udah lama keluar, tapi aku blm sama sekali nntnnya :(

Dec 03.2010 | 07:19 pm

pendarbintang

Saya suka bermimpi, karena saya seorang pemimpi…

Biarlah seperti bintang di langit yang tinggi, tapi indah menghiasi malam..

Dec 04.2010 | 12:44 pm

nurhayadi

Berawal dari mimpi menjadi kenyataan

Dec 05.2010 | 06:25 am

sedjatee

lama tak bertamu kemari…
semoga engkau sehat selalu, Sahabat..
salam sukses..

sedj

Dec 06.2010 | 12:55 pm

caride

serem jga ya klo kita ga bisa bedain antara dunia nyata sama dunia mimpi apalagi smp terjebak dalam mimpi :#

Dec 13.2010 | 10:11 am

Bambang HS

Asyik … aku tadi siang mimpi makan roti, dan ga terbangun …wah, lezat sekali …
Salam dari Solo

Dec 16.2010 | 01:53 am

Abu

mungkin bisa jadi, kehidupan kita sendiri ini hanyalah mimpi. Mungkin jasad kita sedang tertidur disana, di yaumil masyar.

Dec 19.2010 | 01:23 pm

r10

“totem” disini tentu sebagi pengingat saja untuk membedakan kita di alam mimpi atau nyata

dulu kita berpikir untuk membedakan alam mimpi atau nyata dgn mencubit diri sendiri tetapi sejak film inception popular istilah totem sering digunakan untuk menjadi pembeda alam mimpi atau nyata

btw totem milik cobb itu cincinnya, totem gasing itu milik mall

Dec 23.2010 | 06:50 pm

Nisa

apa yang kamu posting ini bener banget.
aku suka ini.. :D:sip:

Apr 18.2011 | 11:48 am

nidiiwmee

totem , sebuah tanda yg ditabukan , sebuah tanda yg akan membawa kita pada sesuatu yg nyata dalam kehidupan

tulisan yg bagus mas :) terus berkarya yah <_>

Sep 30.2011 | 09:48 am

obat hepatitis b

apa sii tetom tu ???aku masii belum begitu ngerti masalahnya niii :(

Nov 08.2011 | 03:47 pm

agen xamthone plus banjarmasin

thanx

Jan 18.2012 | 01:30 pm

R95447

aku sering ngrasain klau kilasan2 mimpiku itu benar2 terjadi didunia nyata.. bener 2 real.. tpi biasanya mimpix itu dah lupa kapan pastinya tp kjdian2 dimimpi itu sama persis di alam nyata..
cthnya saat aku kecil duduk2 diatas phon rambutan sambil memakan buahnya, saat itu aku bwa plastik kresek putih utk mbungkus buahnya, smbil makan rambutan aku brsma 2 tman ku yang lain ngmongin anak ttangga kami, smpai mrka ngajakin aku ikut main rumah2an sma mreka yang trnyata mrka mncabuli anak2 ttanggaku.. kjadiannya itu sma persis spt dimimpiku kurang lebih 2 minggu sblumnya..
aku kdang suka parno sndiri dbuatx.. soalnya gak skali dua kali..
mnurut kalian kasus ku ini gmna ?

May 25.2013 | 03:01 pm

bimbel online

klo aku sering mimpi nangis dan itu beneran nangis sampe kebangun dari tidur,,,

Dec 11.2013 | 06:33 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + 5 =