17.08.2010 | 15,811 views

Simulacrum 1 :
Seketika kulesatkan tubuhku naik ke angkasa menembus segala kegelapan.. menghampiri satu bintang. Beberapa saat kutatap dalam.. dan segera kuayunkan tanganku..menggenggam satu bintang itu dengan perlahan. Ada sedikit rasa  takut dan ragu, kalau-kalau ada reaksi mengejutkan darinya. Tak ada reaksi.. ia diam.. dan lambat laun satu bintang itu ada di dalam telapak tanganku. Jari-jari tanganku mulai kutelengkupkan dan kuremas dengan lembut. Terasa hangat..lalu lambat laun menjadi sangat dingin. Perasaan yang sangat aneh. Kualihkan pandanganku ke satu bintang yang lain dan menghampirinya .. dan tanpa pikir panjang.. kugenggam pula bintang itu dengan tanganku satunya lagi. Selalu ada perasaan aneh setiap kali aku menggenggam bintang-bintang ini.

Secepat kilat kulesatkan tubuhku naik ke atas lebih tinggi lagi sambil membawa dua bintang yang ada di kedua tangganku… lebih tinggi dan tinggi… hingga sampailah aku  di sebuah pohon besar bercahaya yang letaknya.. sangat jauh.. mungkin ribuan atau jutaan tahun cahaya dari kampung halamanku. Sesampainya di sana, kedua bintang itu lalu kuletakkan diantara ranting-ranting pohon bercahaya itu. Disinilah biasanya aku.. berdiam diri untuk belajar menemukan rahasia diri dan menelusuri sejarah peradabanku –  yang konon katanya..aku adalah  salah satu dari keturunan alam semesta yang terhempas dan tersesat di bola mungil yang bernama bumi. Sesekali kuamati gerak-gerik cahaya bintang-bintang itu..seolah ia sedang menatap dan mengajakku berdongeng tentang sebuah misteri kehidupan. Dan satu pertanyaan yang selalu mengusikku, benarkah aku adalah cahaya, ataukah hanya sekumpulan debu ?

Simulacrum 2 :
Malam ini tak seperti biasanya. Kali ini… langit tampak beda, seperti sedang mendekat ke arahku. Beberapa kali aku menatap kekosongan pekat yang berada di belakang ribuan bintang-bintang itu. Tak berapa lama.. aku mulai menangkap ada kepekatan yang lebih pekat daripada malam yang gelap pekat. Sekejap terpikir olehku untuk bergerak kilat melesatkan tubuhku tuk kesekian kalinya, mendekati sesuatu yang sangat pekat itu. . semakin cepat tubuhku melesat melampaui kecepatan partikel-partikel cahaya  hingga kusadari bahwa yang kutuju itu adalah sebuah cahaya hitam.. hmm.. lubang hitam… yaah.. blackhole..begitu mereka menyebutnya.

Konon katanya.. inilah awal dan akhir dari peradaban jagad raya. Seluruh benda-benda yang betebaran di sekitarku ini serasa bergerak mengitarinya… menujunya.. tak terkecuali tubuhku. Hampir kusadari bahwa lesatanku yang lurus ke arah cahaya hitam itu adalah gerakan orbital lengkung memutar. Sekian lamanya.. aku mencoba sekuat tenaga mendekatinya lurus..tapi seolah jaraknya tak bergeser sedikitpun. Aku semakin mempercepat dan terus menerus melesatkan tubuhku mendekat ke arah cahaya hitam itu… berharap tubuhku tersedot dan tertelan olehnya.. dan berpikir, apa yang akan terjadi berikutnya ?

Simulacrum 3 :
Tepat di tengah cahaya hitam itu.. muncul cahaya hijau safir yang cahayanya teduh dan menenangkan. Ia menyerupai bola mata makhluk yang di dalamnya terdapat pupil  yang didalamnya ada cincin yang berwarna hitam keemasan  bercahaya.. lebih memusat dan penuh kedalaman. Apakah ini??? Belum selesai aku berpikir.. tiba-tiba di pusat cahaya itu memancarkan sinar dan sepersekian detik  menggelegar suara dengan frekuensi yang sangat tinggi…memekakkan telinga dan pandanganku samar tak tersadarkan.

Seketika sinar itu meluncur ke arahku..menghantam.. dan menghempaskanku beberapa tahun cahaya ke belakang. Aku terlempar dengan sangat cepat… hingga kepalaku membentur keras beberapa bintang yang sangat terang. Seketika bintang-bintang itu pecah berhamburan dan kurasakan sisa-sisa energi putihnya menelesup masuk ke dalam pori-pori kepalaku hingga sampai ke sela-sela otakku. Aku seperti pingsan… antara sadar tidak sadar.

Aku masih bisa merasa… serasa mendapat setruman energi kosmik yang sangat kuat, tubuhku menggigil kedinginan menahan desiran-desiran kosmik yang  mengalir deras di sepanjang aliran darahku. Ada partikel-partikel cahaya bintang yang menghujam di sekujur tubuhku… bersemayam..  dan menguasai tubuhku. Mereka dengan sigap menggerakkan kesadaranku.. membawaku pada ribuan bintang dan menyatu dengan tatanan konstelasi rasi bintang. Saat itulah, rasa heranku kembali menyemburat, apakah aku… apakah aku adalah bagian dari spesies bintang-bintang…satu dari sekian miliaran bintang di pelataran jagad ?


inspired from : shrinking universe.muse

Comments

ceuceu

hmmmmm….

Aug 17.2010 | 11:47 pm

ceuceu

imajinasinya itu loh… ck..ck..ck..

Aug 17.2010 | 11:48 pm

silmina

saya sukaaa angkasa, galaksi, kosmik, cahaya, dimensi, black hole…

salam leyeh – leyeh

Aug 18.2010 | 11:38 am

Kelabang's Blog

Kunjungan balik sob..
Wah.. Blog keren banget sob, cuma loadingnya agak lambat..

Aug 18.2010 | 11:58 am

Kelabang's Blog

Salam kenal sobat..
Tadi udah koment, tapi kayaknya nggak masuk..

Aug 18.2010 | 12:00 pm

Kelabang's Blog

lam kenal..

Aug 18.2010 | 12:02 pm

macangadungan

yang bikin merinding itu pemilihan kata2 yang digunakan untuk mendeskripsikan tiap adegannya. banyak kata yg nggak terpikir oleh aku. banyak analogi yang nggak terpikir.

Aug 18.2010 | 12:09 pm

wi3nd

cuma bisa komeng :

ngebayangin imauw nulis ini..

kaya gimana yaa?

pasti larut banged :)

daya hayal tingkat tinggi,kereen!!

Aug 18.2010 | 01:48 pm

wi3nd

ooT :”

masih dibanned shoutmixnya :)

tadi mau bilang :

imauuwww..

happy fasting yaaa..

DIA selalu ada untukmu ;)

Aug 18.2010 | 01:52 pm

TuSuda

..terhempas dari bagian cahaya, menyeruak angan kembali meraih gelimangan sinar-Nya…

Aug 18.2010 | 03:38 pm

julie

aku suka dengan kerajaan bintangmu moudy

Aug 18.2010 | 04:05 pm

ipied

dan mendadak akupun terbangun dan kembali pada sebuah kesadaran :D

Aug 18.2010 | 05:16 pm

ER

sulit berkomentar hanya bisa menikmati :_:

Aug 18.2010 | 05:39 pm

red

partikel2 kosmik pembentuk bintang2 itu juga yang membentuk kita dan semua kehidupan lainnya. All is ONE. Oneness. All is GOD

Aug 18.2010 | 06:14 pm

teguhsasmitosdp1

Yang jelas Moudy adalah adalah bukan dari spesies binatang melainkan seorang bintang yang sedang berevolusi mengintari bintang lain. Terima kasih telah berkunjung di blog saya, dan maaf pertanyaannya saya tidak bisa menjawab, soalnya 26 jadi guru belum pernah ada yang menanyakan itu,….saya masih mencoba menanyakan ke sel hewan dan tumbuhan apakah puasa atau tidak, hehe….

Aug 18.2010 | 06:57 pm

agnes sekar

Selamat malam Elmoudy, seorang puitis bermain dalam imaginasi yg full, masuk ke alam bintang seolah olah ada partikel-partikel cahaya bintang yang menghujam di sekujur tubuhku… bersemayam.. dan menguasai tubuhku . Apakah aku adalah bagian dari spesies bintang-bintang…satu dari sekian miliaran bintang di pelataran jagad ? Wow ! Fantastic Moudy.

Aug 18.2010 | 07:59 pm

Mood

Ajhe gile, khayalan tingkat tinggi rupanya. Ajaklah aku suatu saat, mencumbui bintang bintang..

Aug 18.2010 | 09:01 pm

fitrimelinda

wah…~_~

Aug 18.2010 | 10:53 pm

intan

hoamm, gila tinggi banget mikirnya. salut… :D

Aug 18.2010 | 10:59 pm

masndol

imajinasi koq bisa mengalir kek air gini ya…
salut mas. ~_~

Aug 18.2010 | 11:18 pm

Denuzz BURUNG HANTU

sebenarnya denuzz kurang begitu mengerti maksud yang tersirat dari rulisan kakak… jadi denuzz hanya menyoroti dari sisi keindahan gaya menulis…
menurut denuzz tulisan kakak luar biasa karena penuh dengan imajinasi yang kuat… ditambah lagi dengan pemilihan kata yang tepat…
sukses ya kak

salam akrab dari burung hantu

Aug 18.2010 | 11:39 pm

Cuma info aja

wah sangat membuat merinding hehehe
salam kenal dari sekedar blogger :D

Aug 18.2010 | 11:54 pm

karzanik

komposisi kosakata dunia angkasa sangat cocok untuk membentuk prosa….
wah imajinasinya tinggi nih…..

Aug 19.2010 | 02:03 am

Ifan Jayadi

Akan menjadi sesuatu yang tampaknya sulit dimengerti jika hanya bermimpi menjadi bagian dari benda2 langit tsb. Tapi pada kenyataannya kita tidak mungkin mewujudkan keinginan itu kecuali jika sang Pemilik semesta itu mengijinkan.

Aug 19.2010 | 04:00 am

Pakde Cholik

rasanya seperti masuk ke istana superman ya
terima kasih telah membawa ke misi yang menakjubkan

salam hangat dari Surabaya

Aug 19.2010 | 05:03 am

Yari N K

Dalam simulacrum 2, ketika benda hitam tersebut menyedot kita, ternyata itu adalah gerbang menuju dimensi lain dari jagad raya yang lain, di mana hukum2 alam yang berlaku di jagad raya kita tidak berlaku di dimensi tersebut. Hal-hal sepelepun menjadi sesuatu yang berbeda, aritmatika sederhana yang dipelajari anak SD di bumi tidak dapat diterapkan di dimensi sana, sehingga jikalau manusia memindahkan peradabannya ke sana, manusia harus memulainya lagi dari 0. Namun begitu, ternyata manusia tidak bisa tinggal di sana, karena struktur tubuh manusia sendiri tidak cocok dengan hukum alam yang berlaku di dimensi tersebut sehingga manusia tersebut hilang atau terlempar kembali ke jagad raya asal….

**halaah makin berimajinasi saja hehehe…**

Aug 19.2010 | 05:26 am

Catatan SederhaNa

wah imajinasi yang kuat :D

Aug 19.2010 | 07:22 am

ditter

Sebentar… aku membayangkan tiap adegannya dulu… imajinasinya mantap juga, ya.. hehe…. y_

Aug 19.2010 | 07:47 am

'Ne

Mas imajinasinya lho keren banget, ayo donk novelnya hehe.. :-D

Aug 19.2010 | 08:18 am

wahyu nurudin

di mana tuh? memegang bintang… andai kbubisa, aku ingin mengunjungi bintang-bintang, mengobok-obok galaksi dan berlompat-lompat di antara gugus-gugus bintang.

Aug 19.2010 | 09:30 am

darahbiroe

imajinasi yang puitis sangat
]keren banget tulisanya
:D

Aug 19.2010 | 11:12 am

AtA chan

..
Wah loe sukses menyeret imajinasiku ke alam phikiran
Loe..
..
Keep writing.. ;-)
..

Aug 19.2010 | 11:50 am

muamdisini

inspirasi dari langit tak kan ada habisnya…
semesta terbentang luas kawan..hehe..

salam

Aug 19.2010 | 03:18 pm

Kelabang's Blog

Kunjungan balik sob..

Aug 19.2010 | 06:14 pm

Alam

beuh…………….. keren mas.. tingkat tinggi.. diatas normal.. ~_~

Aug 20.2010 | 10:18 am

Alam

oh iya mas, sudah tau belum ada sayembara novel, http://metro.vivanews.com/news/read/138121-sayembara_menulis_novel_dkj_2010

Aug 20.2010 | 10:21 am

Indahnya Kebersamaan

:D:D:D

Keren gan !!!!

Aug 20.2010 | 11:19 am

ulan

wah wah imajinasi nya bagus

Aug 20.2010 | 12:11 pm

mascayo

imajinasinya bukan imajinasi orang kebanyakan …
jelas spesies yang berbeda dari spesies kebanyakan yang ada
.. keren bro

Aug 20.2010 | 03:28 pm

achmad sholeh

sebuah tulisan yang bisa membawa kita melanglang jauh ke dunia lain

Aug 20.2010 | 03:36 pm

koeshariatmo

saya suka tulisannya..
coba keluar dari diri atau masuk lebih dalam nih???

Aug 20.2010 | 04:51 pm

sawali tuhusetya

Simulacrum, sebuah narasi yang menurutku menggabungkan dunia imaji dengan science. sungguh tak mudah bikin narasi “surealis” seperti ini. salut buat mas elmoudy. :sip:

Aug 20.2010 | 05:52 pm

Zippy

Wuih..kalimatnya boleh juga tu bro.
Penggunaan katanya mantap.
Keren deh imajinasinya.
Walau terinspirasi dari lagu :)
Salu! ;)

Aug 20.2010 | 08:21 pm

prof. helga

kata katanya yassalam
ga kuat otak saya mencernanya

Aug 20.2010 | 08:43 pm

Ratna

pernah baca supernova dewi lestari??

Aug 20.2010 | 11:21 pm

IndahKasihku

Bicara saudara Elmoudy lewat tulisan yang dipersembahkan selalu membuat Indah terpesona. Bahasa yang dihampar tersusun indah, rapi dan bersahaja. Cukup intim dengan dunia kata, lembut pengutaraannya dan menyentuh nubari jiwa walau dalam apa bentuk cerita… selalu ada misterinya.

dunia imajinasi yang penuh dengan lantunan cahaya demi cahaya. Salut, Indah mahu belajar lagi mengukir bicara dengan kata-kata sebegini. Salam Indahkasihku.

Aug 20.2010 | 11:32 pm

nurhayadi

Seperti beneran ya….

Aug 20.2010 | 11:34 pm

genial

sadis pilihan katanya… saiia sampe tersenyum terbengong2 sendiri kang.. salud :) hingga makna ceritanya sendiri terlewat :( hiks hiks hiks

Aug 21.2010 | 12:46 am

Rita Susanti

Owala Bang, dirimu emang canggih bener kalau sedang berimajinasi. salut!! ditunggu novelnya:)

Aug 21.2010 | 07:50 am

alice in wonderland

speechless… ~_~

Aug 21.2010 | 05:54 pm

Anonymous

Menarik sungguh sobat khayal dibuatnya:()

Aug 21.2010 | 09:58 pm

alisnaik

selamat pagi.

weh,berat nih kata2nya.
kayak musiknya MUSE.

saya baca di rumah aja ya, biar bisa lebih konsen.
solanya lagi di warnet.
disave dulu…

terima kasih dan mohon maaf :o

Aug 22.2010 | 01:30 am

M Mursyid PW

Elmoudy memang cakap merangkai kata-kata.

Aug 22.2010 | 10:20 pm

tary-ssi

wahhhh….. mantap, kapan bikin buku mas moudy?

Aug 22.2010 | 10:24 pm

Kakaakin

Ikutan Hmmmm… juga… :)

Aug 23.2010 | 03:51 pm

ais ariani

benarkah aku adalah cahaya, atau sekumpulan debu?

hohohohohoho… entah kenapa, dari semua analogi di atas, aku paling suka sama bagian itu.

apik. dan terasa diriku ikut bertanya juga

you rawkkkk. y_

Aug 23.2010 | 08:36 pm

alief

wah.., imajinasi yang ngalir lancar banged…

ini yng aku perlukn sebenernya, agar kerjaan bisa cepet kelar.tapi imajinasiku lebih sering ngadat….

*eh, lha kok malah crita sendiri?*

Aug 24.2010 | 04:07 pm

Arif R.

mantab dah,saya suka ini

Aug 25.2010 | 07:05 pm

Nandini

Keren.. masuk ke sini berasa ada di dimensi baru yang berbeda dan wowww… elmoudy mengemasnya dengan mengalir.. ahh luar biasa..:sip:

Aug 26.2010 | 04:23 am

ada-akbar.com

dalam bro . .

sampe larut ke alam bawah sadar. .

Aug 26.2010 | 06:13 am

Erdien

Hemmm kalo mo berguru nulis fiksi di sini keknya. Boleh nggak ya?

Salam persahabatan, makasih dah mampir di Sundagasik :D

Aug 26.2010 | 11:53 am

orange float

bintang kecil di langit yang biru, amat banyak menghias angkasa… :D

Aug 26.2010 | 01:58 pm

Anas

Duh, gak kebayang gmn imaginasinya :D.. imaginasi tinggat tinggi.. :sip: sampai aku tidak bisa berkata ~_~

Aug 26.2010 | 05:34 pm

bayuputra

Imajinasi yang kuat .. sampe-sampe nggak sanggu aku ungkapkan dengan kata-kata ,,,

Aug 26.2010 | 07:36 pm

and1k

kata katanya mantap gan

Aug 26.2010 | 07:59 pm

IndahKasihku

Masih menunggu bicara selanjutnya yang indah dari saudara Elmoudy. Kiranya belum membenah ranah bumi kata yang kian gersang dengan ide2 mantap yang mengkagumkan.

Indahkasihku mengucapkan salam ramadhan yang indah.

Aug 26.2010 | 09:45 pm

Siti Fatimah Ahmad

Assalaamu’alaikum Elmoudy

Selalu senang membaca tulisan yang mengundang kekaguman dari aspek penggunaan bahasa yang indah dan beragam sirat maknanya.

Setiap untaian kata yang ditulis, memberi inspirasi buat saya untuk merangkai kata yang sedemikian cantik dan menggugah jiwa.

Teruskan berkarya Elmoudy, saya menyukai setiap bait-bait bahasa yang digunakan. Salam mesra selalu.
selamat berpuasa dari saya. :D

Aug 27.2010 | 07:58 am

zee

Hai Mod.
Seandainya gue bisa beneran terbang melesat u/ menggenggam bintang alangkah senangnya ya. Bisa berleha-leha, melupakan gundah, melamun bebas hahahaa….

Eh iya, gw lg malas updated Mod…. :) itu saja.

Aug 28.2010 | 12:42 pm

genthokelir

wah hebat antara imaginasi dengan scien hebat hebat

Aug 28.2010 | 02:54 pm

agito

i love MUSE too… y_ Imajinasi yang luar biasa…

salam kenal^^

Aug 28.2010 | 04:17 pm

itempoeti

sudah sampai ternyata

Aug 29.2010 | 07:36 pm

zee

Mod.
Gw udah updated.

Aug 30.2010 | 10:44 am

mbah jiwo

:_: absurd bener postingan ini…rasanya saya jadi ikut terbang…

bakalan jadi buku nih…

Aug 31.2010 | 05:12 am

Sempulur

wuih…melayang tinggi sekali.

Aug 31.2010 | 02:39 pm

Srex

Seperti menikmati lukisan “Surealisme”…
Menembus batas kemampuan imajinasi.
sip…siiip…..

Aug 31.2010 | 07:26 pm

Alris

Saya perlu membaca berulang untuk memahami bacaan hebat ini. Saya berkunjung lagi setelah “tenggelam” beberapa saat.

Sep 04.2010 | 12:48 am

mandor tempe

keren banget sampeyan nulis seperti ini
Khayalan tentang avatar di kepala saya langsung lewat ketika membaca tulisan berikut

Sep 04.2010 | 12:14 pm

ai

ijin nyimak dulu gan…panjang nih :sip:

Sep 05.2010 | 07:56 am

muhasabahcinta

wah saya terlalu sulit mengartikan maksud dan isi artikel nya..

tapi mengenai benda-benda langit saya suka benda langit bulan… :)

salam

Sep 07.2010 | 04:31 pm

IndahKasihku

Salam saudara Elmoudy.

Indah berkunjung untuk mengucapkan Selamat Hari Raya.maaf zahir dan bathin. minal aidin wal faizin

Semoga berbahagia di hari lebaran bersama keluarga.Salam indahnya Syawal dari Indahkasihku.

Sep 08.2010 | 03:54 pm

Denuzz BURUNG HANTU

Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di
http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/
Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

Be a happy blogger! …
Salam BURUNG HANTU …

Sep 08.2010 | 08:54 pm

nurhayadi

NURHAYADI

BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM.

Sep 09.2010 | 02:34 am

wi3nd

imauw…

apa kabar?

ada apa dengan dirimu?

masih sesakkah dipikiramu?

hey..mari kita rehat sejenak…

Mohon maaf yaaaa…
selamat lebaran iamuw.. :)

rasakan suka citanya,meski lebaran kali ini bagiku,tak seperti biasana,entahlaaa..

Sep 09.2010 | 10:08 am

Bee'J

Assalamualaikum….
Maaf, cuma mau ngucapin
Selamat Idul Fitri …
Mohon Maaf Lahir dan Batin…

Kita mulai dari angka NOL lagi yaa…. :D

Sep 10.2010 | 04:11 am

chiekebvo

boleh jujur??
saia takut liat gambarnya..
#NutupinGambar

Sep 11.2010 | 09:50 am

Anonymous

“….apakah aku adalah bagian dari spesies bintang-bintang…satu dari sekian miliaran bintang di pelataran jagad ?”

Ya Anda seorang Bintang !

Selamat Idul Fitri. Maaf lahir batin.

Salam hangat dari Cianjur.

Sep 11.2010 | 03:51 pm

JoO

:() wah penuh imajinasi neh tulisannya…
keren banget..

bisa jadi inspirasi neh…

Sep 18.2010 | 06:32 am

bundadontworry

Selalu mengagumi tulisan2 yang dibuat Mas Moudy, dgn daya imaginasi yang demikian hebatnya
salut…….
salam

Sep 18.2010 | 10:32 am

bimbel online

menakkjubkan…

Dec 12.2013 | 06:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + 2 =