27.09.2010 | 13,245 views

Dalam kesunyian malam, di sini aku berada di antara dua sahabatku yang bernama rembulan dan bintang. Kami bertiga merupakan sosok pribadi yang tegar, dan hubungan cinta kasih yang mengikat kami bertiga begitu dalam, kuat, dan aneh. Bukan, bukan seperti itu, namun ini lebih dalam dari kedalaman lautan, lebih kokoh dari kekokohan pegunungan, serta lebih aneh dari keanehan kegilaanku.

Ribuan tahun demi ribuan tahun telah berlalu, sejak fajar kelabu pertama membuat kami hanya bisa  memandang satu sama lain dalam beribu diam, pada hamparan jarak ribuan mil. Dan meskipun kami telah melihat kelahiran, pertumbuhan, dan kematian dari beberapa dunia, kami masih tetap muda dan kuat walau tidak mempunyai tempat bermain dan berkumpul. Meskipun kami bertiga terletak dalam setengah pelukan yang tak bisa dilepaskan dan membuat kami merasa selalu tak nyaman. Ada kerinduan mendalam yang memisahkan kami, dan sekaligus mengikatkan kami pada selimut malam yang semakin dingin.

Pada suatu purnama yang pendaran cahayanya tak seberapa, kami memulai pembicaraan melalui lirihan malam yang pelan. Aku berkata, “Katakan padaku wahai sahabat, apa yang kaupahami tentang hubungan persahabatan ini?”

Sang rembulan lalu menjawab,”Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang musti terpenuhi. Dialah ladang hati yang bermukim di atas hamparan jiwa setiap makhluk, yang pantas kautaburi dengan benih cinta kasih, dan suatu saat bisa kaupetik dengan penuh rasa syukur. Dia pulalah tempat bernaung dalam pendianganmu. Karena kau akan menghampirinya saat hatinya sedang berduka, dan mencarinya saat jiwanya membutuhkan kedamaian. Bila dia mulai berbicara mengungkapkan pikiran dan isi hatinya, kau tiada takut membisikkan kata ‘tidak’, pun tiada kau bisa menyembunyikan kata ‘iya’.

Dan bilamana ia diam, hatimu tiada akan henti mencoba merangkum bahasa hatinya, dan  menerjemahkannya dengan penuh hati-hati. Karena walau tanpa ungkapan kata satupun, rangkuman bahasa persahabatan yang meliputi pikiran, hasrat, keinginan, dan cinta terlahir secara bersama dalam suka cita yang utuh.”

Ia lalu melanjutkan, “Di kala perpisahan dengan sahabat tiba masanya, janganlah ada duka. Karena yang paling kaukasihi dalam dirinya, mungkin saja lebih cemerlang dalam ketiadaannya, dalam rentangan yang berjarak. Bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, yang akan nampak pesonanya saat berada pada sudut pandang di kejauhan.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan, kecuali saling memperkaya rajutan jiwa. Kandungan unsur persahabatan bisa saja terbebas dari campur tangan cinta yang penuh jebakan. Karena cinta yang mencari sesuatu di luar jangkauan misterinya, bukanlah cinta. Tetapi sebuah jala yang ditebarkan, hanya menangkap hal yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu. Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali musim pasangmu. Dan janganlah kau senantiasa memohonnya, hanya sekedar bersama dalam membunuh sang waktu. Berikanlah ia, untuk bersama dalam menghidupkan sang waktu. Bilasaja itu mungkin.”

Muse – Unintended (acoustic) by elmoudy

…………………………………………………………….
80 % diadaptasi dari prosa Kahlil Gibran

Comments

Vulkanis

Sahabat ya sahabat,,akhirnya harus dipisah

Sep 27.2010 | 04:33 pm

Dangstars

Tenan iki Bro ?

Sep 27.2010 | 04:42 pm

aldy

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu. Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali musim pasangmu.

Andai saja semua sahabat bisa mengerti seperti ini :(

Sep 27.2010 | 05:12 pm

masndol

hemmm betapa indahnya persahabatan
tak lekang oleh waktu

Sep 28.2010 | 12:27 am

edratna

Persahabatan yang indah, saya suka caramu mengungkapkannya

Sep 28.2010 | 06:22 am

Yari N K

Yang menarik perhatian saya adalah bagian yang menyatakan hubungan persahabatan dan cinta. Memang betul dua kata tersebut sebenarnya berbeda, namun begitu terkadang di banyak kasus persahabatan, cinta (dan mungkin juga nafsu) terkadang sulit dipisahkan. Sebenarnya semuanya diciptakan secara alamiah dan hal tersebut sebenarnya sah2 saja, hanya saja alangkah baiknya jika kita jujur mengatakan mana persahabatan murni, mana persahabatan yang dilandasi cinta atau nafsu, jika kita sudah berani jujur minimal dengan diri kita sendiri, insya Allah semuanya bisa jadi lebih indah….

Sep 28.2010 | 06:46 am

julicavero

mmhh..persahabatan yg mantaff sob

Sep 28.2010 | 09:17 am

zee

Mod,

Gw kemarin udah komen tapi entah kemana….
masa gw tulis ulang lagi.

Sep 28.2010 | 09:28 am

Denuzz BURUNG HANTU

yah … tidak ada yang bisa menggantikan sahabat …
meskipun terpisah oleh ruang … sahabat akan tetap di hati …

Sep 28.2010 | 10:38 am

kira

two thumbs….
i like it..

Sep 28.2010 | 10:47 am

Ferry ZK

Sahabat sejati adalah yang memenuhi benak maupun yang terlupakan otak, yang kala diri bercermin malah bertanya siapa aku, yang kadang hilang kadang datang dalam wujud lain, yang kadang dekat namun kadang begitu jauh, yang kadang nyata tapi seringkali hanya fatamorgana…

Sep 28.2010 | 11:03 am

isti

hm..sahabat..selalu indah memiliki persahabatan yang erat..

Sep 28.2010 | 11:30 am

bundadontworry

oh, bahagianya seandainya punya sahabat seperti ini ya Mas Moudy, atau buatlah diri kita menjadi seorang sahabat yg seperti ini

Tulisanmu selalu keren Mas Moudy, bunda suka caramu menuliskannya Mas, hebat sungguh
salam

Sep 28.2010 | 12:23 pm

anny

Sahabat bisa jadi cermin buat kita sebab kadang sahabat selalu sehati, sahabat bila sudah berpisah sekian lama nya namun jika bertemu kembali tak akan berubah perasaannya :)

Sep 28.2010 | 12:24 pm

Fir'aung NgebLoG

Persahabatan bagai kepongpong…
hal yang tak mudah berubah jadi indah…

jadi nyanyi dech :_: hehehe…

Sep 28.2010 | 03:32 pm

bintangtimur

Sahabat rembulan…judul yang menggugah :)
Seandainya ada seseorang yang menyebut dirinya memiliki sahabat, mereka adalah orang-orang yang sangat beruntung. Tidak semua teman menjadi teman baik, dan tidak semua teman baik naik peringkat menjadi sahabat…

Sep 28.2010 | 03:57 pm

prof. helga

unyunyu banget nih kata katanya
jleeeb

Sep 28.2010 | 05:14 pm

arkasala

gambaran dan anjuran persahabatan yang sempurna dibalut kata-kata indah bikin saya menerawang kemana-mana mas he he…
Trims :)
Salam hangat selalu :)

Sep 28.2010 | 05:33 pm

Mama Murai

persahabatan tidaklah selalunya membawa kemanisan, kadang-kadang lebih banyak racunnya berbanding madu. kalau saya disuruh memilih diantara cinta dan persahabatan, tentunya cinta yang menjadi pilihan.

salam perkenalan dari penulis blog Malaysia

Sep 28.2010 | 07:27 pm

HALAMAN PUTIH

Seorang sahabat sejati akan sangat sulit ditemukan, sedangkan mencari teman atau kawan lebih mudah.

Sep 28.2010 | 08:24 pm

angel

serasa di dunia lain deh ;)

Sep 28.2010 | 08:35 pm

fitrimelinda

sahabat adalah segala-galanya..

Sep 28.2010 | 09:43 pm

pendarbintang

Persahabatan dan pengertian ^^

Sep 29.2010 | 05:30 am

Teras Info

wah….benar-benar tulisan yang amat sangat penuh makna….
sahabat itu memanglah seorang yang harus selalu kita sayangi dan kita jaga pula…karena merekalah sosok yang terkadang memang selalu ada di kala hati kita sedang kosong, sahabat sangatlah berharga, ……

Sep 29.2010 | 09:19 am

TuSuda

Ada kebutuhan saling berbagi dalam persahabatan sejati.

Sep 29.2010 | 09:35 am

Sandra

sahabat adalah segalanya? yang bener aja! |_|

Sep 29.2010 | 09:55 am

Zen

indahnya bersahabat yg dilandasi oleh ikatan ukhuwah, laiknya Rasulullah SAW bershahabat dengan para shahabat di masanya beberapa ratus tahun yang lalu. sebuah persahabatan yang dilandasi oleh iman kepada Allah..

a nice post, mas.. salam kenal ^^

Sep 29.2010 | 12:06 pm

Acacicu

“Di kala perpisahan dengan sahabat tiba masanya, janganlah ada duka..”
Tulisan anda yg saya kutip itu, betapa sulit mempraktekkannya,,hehe;

Sep 29.2010 | 12:26 pm

Suyono

Dikadikan atas kamu bersuku-suku dan berbangsa-bngsa agar kamu saling mengenal…itulah yang melandasi kita untuk selalu menyebarkan semangat persahabatan..
Tukeran link kawan..sudah sy pasang blog kawan di blog saya

Sep 29.2010 | 12:38 pm

JoO

persahabatan yang selalu mengisi satu sama laen emang selalu menyenangkan hehehe..
sepeti buku yang lagis saya baca juga bagus cerita persahabatannya…

Sep 29.2010 | 01:43 pm

sawali tuhusetya

hmm … rembulan dan bintang memang bisa menjadi analogi yang tepat utk menggambarkan cinta dan persahabatan, mas moudy. pilihan kata dan narasi mas moudy memang selalu menarik dan memesona.

Sep 29.2010 | 05:38 pm

'dee

wow.. luar biasa. kata- katanya indah.. maknanya dalam.. (persahabatan memang selalu menyentuh.. )

d.~

Sep 29.2010 | 06:00 pm

'dee

wow.. luar biasa. kata- katanya indah.. maknanya dalam.. (persahabatan memang selalu menyentuh.. )

d.~

Sep 29.2010 | 06:00 pm

AtA chan

..
Sahabat seperti bulan dan bintang..
Saat malam mendung dan hujan kita tak bisa melihat sinarnya..
Tapi kita tau bulan dan bintang selalu ada disana..
Setia ditempatnya.. ;-)
..

Sep 30.2010 | 05:34 am

wi3nd

imauw…

pasti bahagia banged sahabatnya kalu membaca ini…..

imauw emang sahabat yang baik ;)

Sep 30.2010 | 04:38 pm

tary-ssi

|_|perasaan pernah koment, kok gak ada ya??

Sep 30.2010 | 08:40 pm

Nugs

Tulisan yang penuh arti tentang persahabatan.

Oct 01.2010 | 12:44 am

Cikgu

persahabatan kadang lebih kekal dari percintaan.., weleh…

Oct 01.2010 | 12:49 am

elmoudy

buat Tary, Zee.. n temen2 yg komennya lenyap entah kemana. Maap ye… bukan saya yg melenyapkannya..tp si akismet yg seenaknya menelan komen2 itu.. saya udah coba cari2 kemana komen2 yg lenyap itu..tp sia2 ga ketemu. yg bisa saya lakukan cuman matiin akismetnya.. skali lg maaf atas ketidaknyamanan ini

Oct 01.2010 | 09:49 am

Didien®

jiwa saya bergetar ketika membaca pada kutipan ini “Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang musti terpenuhi. Dialah ladang hati yang bermukim di atas hamparan jiwa setiap makhluk, yang pantas kautaburi dengan benih cinta kasih, dan suatu saat bisa kaupetik dengan penuh rasa syukur. Dia pulalah tempat bernaung dalam pendianganmu. Karena kau akan menghampirinya saat hatinya sedang berduka, dan mencarinya saat jiwanya membutuhkan kedamaian”

semoga ada sahabat yg mampu menjadi seperti itu…

salam, ^_^

Oct 01.2010 | 04:14 pm

Nandini

Saya selalu dan selalu terpesona kalau main ke sini dan membaca tulisan mas El, seakan ada di dimensi yang berbeda..
dan analoginya pas banget.. :()

Oct 04.2010 | 06:35 am

kikakirana

sahabat???
:)

susahnya mencari……
klo teman banyak, klo sahabat… entah lah.. hehe

HIDUP!!! ^_^

Oct 12.2010 | 12:55 pm

cecependar

saya tersentuh dngan kutipan ini mas bro:Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang musti terpenuhi. Dialah ladang hati yang bermukim di atas hamparan jiwa setiap makhluk, yang pantas kautaburi dengan benih cinta kasih, dan suatu saat bisa kaupetik dengan penuh rasa syukur. Dia pulalah tempat bernaung dalam pendianganmu. Karena kau akan menghampirinya saat hatinya sedang berduka, dan mencarinya saat jiwanya membutuhkan kedamaian. Bila dia mulai berbicara mengungkapkan pikiran dan isi hatinya, kau tiada takut membisikkan kata ‘tidak’, pun tiada kau bisa menyembunyikan kata ‘iya’.

Dan bilamana ia diam, hatimu tiada akan henti mencoba merangkum bahasa hatinya, dan menerjemahkannya dengan penuh hati-hati. Karena walau tanpa ungkapan kata satupun, rangkuman bahasa persahabatan yang meliputi pikiran, hasrat, keinginan, dan cinta terlahir secara bersama dalam suka cita yang utuh.”
salam knl,&salam bloger indonesia

Aug 29.2012 | 02:13 pm

bimbel online

sahabat yang terpisahkan…??

Dec 12.2013 | 06:26 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

77 + = 83