Kenapa Cinta

Suatu malam, Kahlil Gibran bertamu ke rumah khayalanku. Ia beralis tebal, matanya sedikit cekung, memakai topi dan baju khas seorang Libanon yang baru saja melewati hutan Cedar. Sempat aku terheran, siapa lelaki ini? Lalu angin malam langsung menyambar tanyaku, dan mengatakan kalau itu adalah Gibran Kahlil Gibran.

Kebahagiaan karena bertemu dengan lelaki yang karya-karyanya mengilhami dunia selama berpuluh-puluh tahun. Sedikit gugup, dan sempat terpaku. Setelah berhasil mengendalikan diri, aku melangkah mundur sedikit ke belakang, mempersilakan masuk dan duduk di ruanganku. Lalu kuhidangkan air yang kuambil dari jantungku, kuletakkan dalam gelas yang terbuat dari tulang rusukku, dan kutaruh di meja yang terbuat dari senyawa kesadaranku. Lalu kami berbincang dengan santai, dan ia mengajakku bercerita tentang cinta.

Aku bertanya, “Wahai sahabatku yang telah terbebaskan diri dari belenggu ambisi, katakan kepadaku, mengapa harus cinta? Mengapa pembicaraan cinta selalu mengemuka? Tidak adakah bahasan lain yang lebih bermakna dari cinta?

Kemudian ia berkata, “Sahabatku, cinta akan terus didendangkan dari timur sampai barat. Karena cinta akan terus menjelma dalam keceriaan anak-anak sampai kebajikan orang tua. Sesuatu yang dibicarakan terus-menerus, pastilah sesuatu yang belum terpahami. Demikian pula cinta. Cinta selalu dibicarakan, karena sesungguhnya kita belum memahaminya.”

Lalu aku menyela, “Kenapa cinta sulit dipahami. Apakah memang ia diciptakan untuk tidak dipahami?”

Ia sempat tertawa kecil, “Hahahaa…. Cinta memang sulit dipahami. Sia-sialah engkau menghabiskan waktumu hanya untuk memahami cinta. Kalian yang menghabiskan waktu untuk memahami cinta, laksana musafir yang berkelana. Seolah kalian telah pergi jauh menemukan dunia baru, tetapi setelah kalian sadari, engkau masih berdiri di tanah yang kaupijak saat berangkat. Begitulah cinta, ia tidak dapat dipahami, hanya dapat dirasakan dekapannya dalam jiwa. Hanya dapat dilihat bayangan dan pantulannya.

Cinta tak pernah menunjukkan dirinya. Ia hanya meninggalkan tapak langkahnya, menyisakan tanda-tandanya yang rumit. Dan kita selalu berusaha menyusuri tapak-tapaknya dengan harapan dapat menemukan jasadnya, dan merengkuhnya. Terus-menerus kita mencarinya, dan saat kita menemukannya, kita sudah berada dalam dekapan sayap kematian. Sayap-sayap itu akan menerbangkan jiwa kita ke alam ruh, untuk berjumpa dengan Sang Pemilik Cinta.”

Aku kemudian bertanya, “Katakan padaku, bagaimana agar aku bisa mengenali jejak-jejak  itu hingga ia akan mengantarkanku sampai pada Sang Pemilik Cinta?”

Gibran diam beberapa saat, ia menghirup nafas dalam-dalam, seolah sedang menyimpan beban yang cukup berat. Lantas ia berujar, “Jejak cinta hanya bisa dilihat oleh mereka yang jiwanya diselimuti unsur kelembutan dan kedamaian. Mereka itu berada dalam sudut-sudut sejarah peradaban. Karena lingkaran peradaban selalu terisi oleh para penguasa yang tamak. Penindasan adalah kitab suci para penguasa dalam membentuk wajah peradaban. Cinta selalu terpinggirkan. Tapi cinta selalu bertahan hidup di tiap sudut sejarah,  dan hanya mereka yang jiwanya lembut dan damai yang mampu menemukannya.”

Selesai mengucapkan kata-kata itu, Kahlil Gibran tampak samar, lalu angin malam membungkusnya dan membawanya pergi ke arah langit.

…………………………………
70 % diadaptasi dari buku Kahlil Gibran, “Cinta, Ketulusan, dan Kesunyian”.

109 comments

  1. Cinta Sang Pemilik cinta lah yang tak pernah luntur dan hilang dlm hati kita.
    yang selalu terasakan dihati siapapun.
    Bunda sampai tercekat membaca tulisan diatas, benar2 tulisan memukau ( plok plok standing applause).
    salam.

  2. imauw..
    cintakah yan9 membuat dirimu 9alau?dan harus bersembunyi dihutan?

    imauw,cinta tak perlu dipahami,tapi rasakan disini **mu liatin susah,disini,dihati imauw.. :) yah hanya hati yan9 bisa merasakannya,bukalah hatimu,berikan ia ruan9,a9ar bisa merasakan cinta yan9 menyapa..

    biarkan TUHAN membantumu untuk menentukan jalan cintamu,karena IA takkan pernah salah,sesun99uhnya cinta sejati hanya untukNYA san9 pemberi cinta ;)

    jika 9ibran datan9 la9i,samapikans alamku padanya yah :)

    semo9a cupid cintamu takkan pernah salah :)

    ** wiiiiiiii komen terpanjan9 di tempat dirimu neeh :D

    over all.. selalu suka den9an ran9akain kata katanya,bravoo imauwww…. :)

  3. somehow saya setuju dengan bpk. alamendah.
    Cinta itu untuk dirasakan.

    Sama seperti, kita sulit menjelaskan rasa manis kepada orang yang belum pernah merasakan manis. Mau teorinya sekomplit apapun, tetap tidak bisa dipahami selama orang ybs belum merasakan langsung manis itu bagaimana?

    Begitu juga dengan Cinta. Rasakan dulu seperti apa, baru bisa dipahami :P

  4. Cinta…kadang bisa menjadi Hitam Putih, bersikap bijak dalam menempatkan cinta adalah langkah yang tepat…
    dan ia tetap menjadi wacana paling hangat yang tak bosan untuk dibicarakan…

    Nice Post kang…
    :sip:

  5. Sampai kapan pun kita tak akan pernah bisa menemukan jasad cinta, karena cinta adalah sesuatu yg abstrak yang hanya bisa dirasakan oleh manusia yang secara ikhlas menyediakan ruang dalam hatinya untuk tempat bersemayamya CINTA…

    CINTA lah yang terkadang membuat manusia berjalan di luar ranah kesadaran…Ah tak kan pernah habis kata bila dipakai tuk menguraikan makna cinta…

  6. sastra gibran sepanjang masa, selama anak cucu adam menikmati cinta, tak hanya dari lekuk tubuh wanita atau ketampanan seorang pria, cukuplah dengan kata-kata.

  7. Ada banyak teori tentang arti cinta & bagaimana seharusnya cinta. Tapi siapa sih yang tahu arti cinta itu sesungguhnya, kecuali dia mengalami cinta itu sendiri ketika cinta datang padanya. Setiap individu punya cerita cinta yang berbeda jadi cinta tidak pernah sama, cinta itu unik.

    Spt kataku sebelum2nya, cinta itu harus diperjuangkan, bila kau rasa cinta itu memang patut diperjuangkan. Tentu saja jangan sampai mengorbankan cinta yang lainnya.

  8. Sepertinya rasa cintaku sudah terkikis habis, untuk mencintai-Mu ya…Robbi,
    untuk mencintaimu ibu,
    untuk mencintai istri,
    dan ketiga anakku.
    (salam hangat jabat erat dariku)

  9. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  10. Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..

    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  11. cinta : anugrah terbesar,semua manusia punya rasa itu.cinta seperti manusia (misteri,teka-teki)

    salam hangat

  12. salam super-
    salam kenal,sungguh blog yang sangat inspiratif.
    saya akan sering berkunjung kesinidan berharap mendapat tambahan ilmu dan wawasan.
    Sukses selalu untuk Anda.:_::_::_:

  13. dan ketika berucap“Jejak cinta hanya bisa dilihat oleh mereka yang jiwanya diselimuti unsur kelembutan dan kedamaian” hanya bisa tersenyum mengartikan kalimat tersebut

    met siang selamat beraktivitas sobat

    -salam-

  14. Assalamu’alaikum,
    Cinta adalah anugerah Allah kepada semua mahluk-Nya, Allah Swt berfirman: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (QS Ar Ruum {30} : 21) (Dewi Yana)

  15. wah mas elmoudy lagi ngomongin sang maestro.. dan sang maestro lagi ngomongi/menjelaskan tentang cinta ya… sang maestro (gibran) sendiri punykah kehidupan asmara????

  16. Wah pasti senang ya Bang bila benar-benar bisa bersua dengan seorang nan bijak seperti Beliau…

  17. jujur.. saya lagi bingung gara2 cinta ini.. ia jadi menghabiskan waktu saya.. membuat saya tidak focus dan itu cukup menyiksa.. anehnya, saya tetap memperjuangkan cinta itu.. so, saya ga tau bagaimana mendefinisikan cinta… fiuhh…

  18. cadas pembahasannya, lugas dan mirip tulisan kahlil gibran. makanya saya agak heran kalau cuma 70 persen yang diadaptasi, kirain 100 persen.

    lanjutkan bro… y_

  19. Cinta adalah puisi yang tak pernah kunjung dipahami.
    Hanya sebuah dongeng tentang keindahan dan kegundahan hati.
    Saat dia tumbuh bersama jiwa, dia tertawa tapi kadang dia menangis juga.
    Tak perlu mempertanyakan lagi makna dan kehadirannya.
    Karena cinta hanyalah sebuah sketsa, yang cukup dinikmati.

  20. “Jejak cinta hanya bisa dilihat oleh mereka yang jiwanya diselimuti unsur kelembutan dan kedamaian. Mereka itu berada dalam sudut-sudut sejarah peradaban. Karena lingkaran peradaban selalu terisi oleh para penguasa yang tamak. Penindasan adalah kitab suci para penguasa dalam membentuk wajah peradaban. Cinta selalu terpinggirkan. Tapi cinta selalu bertahan hidup di tiap sudut sejarah, dan hanya mereka yang jiwanya lembut dan damai yang mampu menemukannya.”
    —> kereeeeeen… luv this.. ^^

  21. Well,
    Skrg gw bisa mengerti kenapa lu bisa juga terkait2 dengan Anand Krishna. Karena tulisan2 beliau juga base on Kahlil Gibran :).

  22. masih adakah cinta yang disebutkan cinta.. bila kasih sayang kehilangan makna..
    hehhe.. (lagunya ebiet tuh!)

    btw, aku suka kata-katanya.. aku suka tulisannya.. kereeennn…

  23. cieee…ciee….tumben nih ngomongin cinta
    tapi keren tulisannya,

    gw suka yang bagian ini nih : Tapi cinta selalu bertahan hidup di tiap sudut sejarah, dan hanya mereka yang jiwanya lembut dan damai yang mampu menemukannya.”

  24. Cinta… al-mahabbah… apabila kita beribadah kepada Allah karena cinta… kita tak peduli mau dibalas dengan syurga atau neraka… yang penting kita beribadah kepada-Nya karena cinta.

  25. RUKUN CINTA ADA 5 =
    1.MENGUNGKAPKAN RASA CINTA
    2.MENJALANKAN SEBUAH CINTA
    3.MENAHAN NAFSU CINTA
    4.MEMBERI ATAU BERKORBAN DEMI CINTA
    5.NIKAHILAH CINTA JIKA MAMPU
    SALAMAT MENIKMATI HIDUP DENGAN CINTA…..~_~

  26. sayah pernah merasakan saat jatuh cinta itu indah.. tapi sulit jika di ceritakan karena cinta datang dan pergi begitu saja…

  27. Cinta itu memang tak akan pernah bisa dipahami, namun dirasakan!
    Cinta itu kan terus bertahan walau dunia ini guncang, dan hanya cinta yang kan menyelamatkan jiwa kita…

    Settik cinta dpt menyejukkan sukma…

    salam,
    EKA

  28. cinta,walopun cuma 5 kata tapi tak cukup hanya didefinisikan dengan beberapa kalimat.
    kalau ketemu lagi sama mas gibran titip salam yaa sekalian minta dibuatin puisi cinta duong,hehehe.
    salam kenal

  29. walah…tenatang cinta ya :)
    buat aku…cinta itu susah2 gampang, susah kalau di buat susah gampang kalo di anggap gampang…tapi kadang juga sebalikknya…

    nah…binun kan? :P

  30. ~_~
    Cinta Kau taburkan gemerlap bintang-bintang diangkasa.. Kau
    gemericikkan asa cinta galaksi andromeda.. Meluncur deras asteroid
    cinta… Yang bergaris lurus

  31. zaman boleh berganti, jutaan buku telah tercetak berdasarkan namanya, namun cinta selalu menjadi pembicaraan dan topik yang tak akan pernah habis sepanjang masa.

  32. Malam minggu ini malam yang kelabu..
    Lagi marahan ama si cinta..
    Lebih baik masuk kelambu..
    Dari pada duduk termangu..hheheh..
    Cinta itu emang penuh dengan teka-teki ya :)

  33. ,.jika kita tak mampu dipahami lantas apa arti cinta kita selama ini.? mungkinkah ia hanya ilusi dan akan tetap berada dalam kerahasiaanya.. seolah kita tak diperkenankn untuk menjamahnya.. sungguh alam maya yang mengulum tiap hati manusia….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

+ 48 = 49