Bidadari Kesunyian

Kreyza Kailani. Panggil saja namanya Kreyza. Terkesan agak maskulin, sedikit feminim. Seorang perempuan yang datang secara tak tepat pada seorang anak laki-laki bernama Xulian.  Pertemuan diantara mereka yang singkat, pada sebuah kastil di sebuah perkampungan kecil – menyisakan sengatan rasa pada jiwa Xulian. Bagi Xulian, pertemuan itu mengingatkannya pada pertemuan sakral  antara dirinya dengan kehidupan, di saat dia terlahir ke dunia ini. Terasa lembut, spontan, dan dalam. Pertemuan yang tak terencana, tak terduga, dan memberi  efek yang mengejutkan.  Pertemuan itu seolah disengaja oleh Tuhan, agar kisah percintaan Adam dan Hawa kembali memainkan perannya – dengan setting tempat yang beda, dan waktu yang sangat tak tepat.

Kreyza Kailani. Dia lebih senang dipanggil Kreyza, dibanding Kaila. Perempuan ini serasa memiliki segalanya. Keceriaan, kebahagiaan, ketulusan, dan kecantikan telah menjadi hal yang given, yang melekat pada dirinya. Tapi jauh dari itu semua, jiwa perempuan ini telah lama memendam rasa sakit, yang membuat kehidupannya menjadi sedikit liar, dan mudah tak terkendali.  Dan Xulian tahu akan hal ini. Ingin rasanya Xulian mengenal lebih dekat, berbincang tentang beberapa luka yang perlu dibasuh dengan air kehidupan yang lebih segar.  Berbincang tentang cahaya yang telah dilihatnya, yang dia temukan di dalam diri Kreyza.

Xulian. Anak laki-laki yang terbiasa hidup dengan kebebasan. Kerasnya hidup membuat dirinya tak pernah takut menghadapi apapun. Tapi tidak untuk kali ini. Menghadapi Kreyza, Xulian dipenuhi dengan ketidakmentuan dan keraguan. Dia sadar, bahwa kehadiran Kreyza telah membuka mata hatinya akan jalan cinta yang lebih sejati. Tapi dia juga ragu, bahwa Kreyza tak lebih dari bidadari yang turun dari langit – sekedar menebar aroma wangi ke bumi. Dia kadang merasa, Kreyza adalah ilusi yang justru menjadi perangkap bagi kehidupannya.

Beberapa minggu, Xulian mencoba untuk mengamati situasi. Membaca setiap arah jiwa, menelusuri setiap jejak langkahnya dalam menemukan jawaban. Benarkah Kreyza adalah sebutir cahaya yang diperuntukkan baginya. Kali ini dia bertanya kepada sahabatnya yang bernama  angin, siapakah sebenarnya Kreyza. Dan apa yang dikatakan angin kepadanya, membuatnya terperangah. Sang angin berujar, bahwa Kreyza adalah bidadari kesunyian yang tak boleh disentuhnya. Karena cahaya yang ada di dalam diri Kreyza, hanya bisa menyala terang jikalau Xulian tidak mengusik ketenangannya. Biarkan Kreyza menjadi burung yang terbang bebas dengan segala kelincahan dan pesonanya.  Menghiasi langit biru dengan lengkung sayapnya yang penuh warna.

Sejak saat itu, Xulian mencoba menahan segala rasa. Mencoba memaknai ulang apa yang dia rasakan selama ini. Bahwa segala hal yang datang secara cepat, akan pergi lebih cepat. Bahwa Xulian musti belajar lagi, bagaimana cara mencintai tanpa memiliki. Dan dia cukup bahagia dengan satu sengatan. Sengatan itu akan disimpannya, dalam sebuah ruang hati sebagai kepingan perbendaharaan cinta.

Hingga pada suatu malam, Xulian menuliskan sebuah pesan, dan dititipkan  kepada angin untuk disampaikan kepada Kreyza. Pesan yang dipetik dari penggalan syair lagu, yang mewakili suasana hatinya.

Sgala damai datang saatnya menjelang
Kurasakan lagi sejuk di peluknya
Halus tutur kata yang slalu tercipta
Mengundang naluri untuk sandarkan letihku

Dia masih saja tambatkan senyumnya
Meski bumi yang dia pijak lelahkan langkahnya
Belum cukup rasa yang kini tercipta
Baru saja dia di sini wanginya masih tertinggal

Sgala hampa datang saat dia menghilang
Tak pernah berharap datangnya lagi bidadari
Dia datang cepat di saat yang tak tepat
Kuharap pada yang mengerti mengapa begini

—————————————————————————————
Lanjutan ceritanya di : kamu aku , semilir angin.

122 pesan “Bidadari Kesunyian

  1. petromaxxxxx…….

    perasaan Mel kenal lagu ini dech,,,,(apa yah..sambil kelap kelip mata, sambil nongkrong….) akhirnya,,,,
    gw tau,,yang nyanyi naif kan,,,,(hhahhahaaa..kidding)

  2. Assalamu’alaikum,
    Cinta tidak harus selalu memiliki, memang menyakitkan bila mencintai seseorang tapi tidak bisa bersamanya, tapi kalau kita memasrahkannya semua kepada Allah, InsyaAllah hati kita akan lebih lapang menerimanya.

  3. Maaf Mas, OOT sedikit.
    Saya pribadi dan keluarga mohon maaf lahir dan bathin,
    atas segala kekhilafan dan kata2 yg kurang berkenan, baik sewaktu memberikan komentar disini maupun dlm posting.
    Selamat Hari Raya 1430 H.
    Salam.

  4. Belajar dr kehidupan yg dijalani oleh Xulian, bahwa cinta tdk selalu harus memiliki, dgn merasakan cinta itu sendiri adalah sudah merupakan satu kebahagiaan.
    Tulisan yg indah dan penuh makna.
    Salam.

  5. membaca artikel di atas sampai 3x untuk menyambung ingatan saya ttg Kreyza kailani…
    ternyata nggak tersangkut juga, siapa itu Kreyza kailani..
    **apa nama seorang gadis saudi?

  6. mas elmoudy, ini cerpen karya sendiri, resume novel, film, atau membahas lagu? duh, maaf saya bego. soalnya keren sih. tapi saya kok lebih suka nama kaila, Kreyza kesannya maskulin gitu.

  7. Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama
    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”
    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  8. Salam kenal..(maklum newbie nih mas)
    tulisan ini mengingatkanku akan dirinya yang telah berlalu. untung ada buku susanna tamaro yang menguatkanku kembali. (Pergilah kemana hati membawamu)
    :sip:

  9. wah saya kurang setuju tuh ma xulian..
    ko pasrah gtu.. hanya menitipkan bebrapa kata2 indah yg mungkin Kreyza sendiri akan menangis bila membacanya :(
    xulian pasti ngga pernah kenal ma joko tarub yg berhasil memperistri bidadari(dewi nawang wulan)^.^ jika kata mang benar2 cinta ma seseoang kejarlah sampai dapat..
    jikalupun untuk mendapatknya terlalu berat buat kita, jgn berpegan pada kata cinta tak harus memiliki karena sungguh sakit rasanya jika apa yg kita cintai tidak bisa kita miliki.
    ————————-
    ini cuma pendapat pribadi saya lho maz.. hehe..:D

  10. ini namanya kasih tak sampai….
    :D

    pilihan2 katanya oke pak….cuman tulisannya masih agak membingungkan kurang gampang dicerna…heheheh…ato guanya aja yg oon??

    mampir2 lg tmpt gua yak…scr jarang ada pengunjung

  11. Itulah cinta, datang dan pergi tanpa permisi…
    Cinta gak bisa dipaksakan, udah ada yang ngatur :D
    Btw, itu bidadari anak mana..??
    Jayapura bukan..??
    Kali aja bisa nyenggol ama saya :D

  12. __nambahsatu lagii iaa..untuk melepas RINDOEKOE^^__
    ____SALAMPAGII sahabat2 semua..SEMANGAAT>>>CIIAT____
    ___SALAM PAGII..sebelum memulai aktifitas(kuliah)harini___
    ______BISMILLAHhiraahmannirohiim_______

  13. aku da lebaran belum ya dy :roll:
    well dy mohon maaf [belated]lahir &bathin ya..

    hemm..critana n9ena ju9a neeh,Kreyza y9 maskulin tp feminim,namun memendam sakit…….*nda jd nerusin :D

    inspirin9na la9una dewa ya dy..?

  14. saya ngga ngeh.. ini cuplikan dari sebuah novel atau apa ya.. Kreyza kailani…ga tau juga sapa..heheh.. kuper ya..

    btw.. cinta klo ngga memiliki..wah ya..ga karuan rasanya.. hihihi..

    keep writing bro..

  15. Selamat malam Mouldy, Wah kisah tulisan diatas mengenang saya akan satu hal ” Cinta ”
    Semoga kita semua memiliki cinta yang murni yang tanpa pamrih. Biarlah kemurnian cinta itu berakar didalam kepribadian dan membimbing tingkah laku, mampu menolak yang tidak baik. Jagalah hati dari kemurnian cinta karena dari sana akan terpancar kehidupan. Terima kasih postingannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  16. Kenapa akhir2 ini lebih sering baca2 tulisan yg berakhir dgn kesedihan yaaa…. Ach, semoga di alam nyata ini, lebih sering bertemu dgn sinar keceriaan…. :)
    salam hangat dan damai selalu….

  17. meski jelita tak terperi…
    tak ada guna merindu bidadari yang tak membumi…

    Sariyem jauh lebih pantas tuk didamba…
    setidaknya kakinya berpijak ke bumi…
    jemarinya luwes menyambal terasi…

  18. MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

  19. Assalaamu’alaikum

    Saya sukakan tulisan Emouldy ini… “bagaimana cara mencintai tanpa memiliki. Dan dia cukup bahagia dengan satu sengatan. Sengatan itu akan disimpannya, dalam sebuah ruang hati sebagai kepingan perbendaharaan cinta.”

    Ya… hidup kita ini penuh dengan cinta yang selalu melingkari dengan indahnya. Kekadang kita mencintai seseorang tanpa dia mengetahui cinta itu untuknya.

    Kekadang kita tidak menyedari bahawa kita juga dicintai oleh beberapa orang yang selalu bersama kita setiap hari walau di mana ia berada tetapi hatinya untuk kita dan dia selalu senyum merenung kita dalam apa jua gambarannya.

    Kita harus belajar untuk mencintai tanpa memiliki. Sesuatu yang sukar dilakukan tetapi mudah kalau iman menjadi teman dan belajar menerima kenyataan. Salam mesra selalu.

  20. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..

    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..

    AWARDNYA SEGERA DI AMBIL YAAAAK.. *muka melas mode ON*..

    Alamatnya kangboed.com Gempa Award Berpotensi Tsunami

    salam sayang selalu

  21. harusnya gue yang nulis post ini, ceritanya gue banget…!
    aku harus setuju kalo itu cinta idealis, karena tidak realistis, aku harus setuju kalo dia tak tersentuh, karena prinsipku akan me-redupkannya…

    anyway, beberapa tulisan mengingatkan auk pada “The Alchemist” Salam kenal

  22. Kletannya Xulian sedang belajar tak jatuh cinta. Dia tau bahwa pd jatuh itu korbanya berantakan. Xulian itu sedang belajar membangun cinta. Pd membangun korbanya keren-keren. Ya, dgn begitu Xulian tak bakalan ketiban apa pun kurasa.
    Bravo Xul!

    Salam Damai!

  23. saya suka banget sama lagunya Ahmad Dhani ini.. ngomong2 saya juga baru menuliskan tentang cinta yang tidak bisa dimiliki :-)
    belajar juga seperti Xulian ikhlas melepas dia yang tidak kita miliki..

  24. cinta tak harus memiliki..(^_^)
    tapi kita harus percaya..
    ketika cinta tak berbalas..ALLAH sedang menitipkan cinta yang lain di ujung sana..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 + = 29