Apa Pentingnya Puasa?

“Apa pentingnya puasa?” tanyaku kepada sobatku, namanya Abdul. Abdul ini adalah sobatku yang baik, setengah bijak, lugas, dan cukup punya wawasan luas.  Sore ini, dia datang bersilaturrahmi ke rumahku untuk berbuka puasa di hari pertama. Seperti biasa, disini aku selalu berperan sebagai sosok yang dungu.

“Heh, apa pentingnya puasa?” tanyaku sekali lagi. Abdul pun menyaut enteng, “puasa akan membuat hidupmu lebih produktif. Apa kau percaya perkataanku?” tanyanya balik.

“Tentu saja tidak!” tegasku. “Aku anggap itu omong kosong. Gimana bisa produktif -  abis saur mata ngantuknya minta ampun, kadang kagak subuhan, bangun-bangun kepala malah puyeng, badan demam. Untungnya jam kantor dipotong 1-2 jam. Buka, kenyang, taraweh yang gak pernah bisa khusuk, ngantuk, dan langsung terkapar. Bayangkan kalau itu terjadi selama 1 bulan. Perubahan jam biologis itu, justru membuat hidup jauh dari tanda-tanda produktivitas. Atau setidaknya, gak ngefek apa-apa!”

“Kenapa kau tampak bodoh hari ini, Mod? Dulu kau masih bisa mikir. Tapi aku suka dengan kejujuranmu ini. Kau seperti barusan melakukan pengakuan dosa di hadapan pendetamu… Hahaaa. Dan kutahu, akhir-akhir ini emosimu memang sedang tidak stabil. Aku maklumi itu. Baiklah, dengarkan aku yaa?” lanjut Abdul dengan gayanya yang sok bijak.

“Ada dua hal yang paling penting dari puasa, dan yang paling dinantikan oleh mereka yang berpuasa. Apa itu? Yaitu saat berbuka puasa dan saat berjumpa dengan Allah. Tapiii… dari dua hal ini, satu yang sangat penting adalah saat berjumpa dengan Allah. Yang jelas, manusia akan sangat sulit berjumpa dengan Allah kalau perutnya selalu kenyang. Syarat perjumpaan itu, manakala  tubuh fisikmu melemah dan tubuh jiwamu menguat. Dan puasa, adalah instrumen untuk mencapai kondisi itu.

Tujuan puasa, tak sekedar membersihkan penyakit tubuh fisik, tapi yang jauh lebih penting adalah membersihkan penyakit hati yang sekian lamanya mengendap seperti marah, iri, dengki, benci, dendam, sombong, dan teman-temannya. Proses pembersihan ini terjadi di siang hari – tatkala seluruh watak buruk itu bergemuruh kencang mengendalikan hidup kita. Saat puasa di siang hari itu, terjadi pertarungan berkecamuk antara watak baik dengan watak buruk, di medan qalbu kita saat di musim kemarau berkepanjangan dan rasa lapar yang menyiksa. Kebanyakan dari kita tidak mau tahu dengan hasil akhir pertarungan ini. Yang penting bisa berbuka dengan segala kelezatannya.

Nah, tibalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Yaitu melakukan perjumpaan dengan Allah. Tepat jam 12 malam sampai jam 3 pagi, adalah momen paling baik untuk melakukan perjumpaan itu. Pada kondisi itulah, tubuh jiwa perlahan-lahan menggeliat berhasrat untuk merentangkan sayapnya, menerbangkan sang jiwa menemui sepasukan cahaya yang sudah menunggunya di pintu langit.

Di hari permulaan ramadhan, tepatnya 20 malam ramadhan – tubuh jiwa berlatih di setiap paruh malam untuk mengepakkan sayapnya yang masih lemah dan lunglai. Hingga sampai pada puncaknya, 10 malam terakhir menjadi malam yang menentukan. Saat itu -  tubuh jiwa dengan segenap kekuatannya merentangkan sayap, menerbangkan sang jiwa dengan anggun untuk menghampiri sepasukan cahaya. Sekejap, sang jiwa melesat bersama sepasukan cahaya menembus ambang batas kesadaran.Tujuan finalnya, melakukan perjumpaan suci antara sang jiwa dengan Allah. Konon katanya, inilah yang disebut dengan Lailatul Qadr.”

“Apa kau mengerti, Mod? Kalau mengerti, sudah semestinya produktivitas hidupmu akan meningkat dengan pesat!” jelas Abdul.

“Hiyyyaa…” jawabku setengah sadar.



108 sahabat pada Apa Pentingnya Puasa?

  1. elsadra says:

    lahir dan batin…spiritual dan fisik.. itulah keuntungan manfaat puasa..tentu saja jika dilakukan dengan benar…

  2. guskar says:

    terima kasih pencerahaannya mas.. jd makin bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa secara benar…

  3. nakjaDimande says:

    usaha maksimal, walau tak bertemu lailatul qadar.. yang penting Allah ridho dengan ibadah kita..

    selamat pagi elmoudy.. :)

  4. kwek Li Na says:

    menjaga hati, mulut dan perut sebagai proses pembelajaran.

    sehingga lahir bathin merasa bersyukur dan damai.

    selamat menjalankan ibadah puasa buat semua umat muslim di dunia.

    salam persahabatan :)

  5. Zulhaq says:

    semoga kita bisa memaknai bulan yang penuh berkah ini dengan baik…memang, tak ada alasan untuk gak produktif…

    met puasa:)

  6. neneksihir says:

    “Seandainya manusia mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadhan, niscaya mereka akan berandai-andai, sekiranya sepanjang tahun semua –bulannya– bulan Ramadhan” (HR..)

  7. neneksihir says:

    “Seandainya manusia mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadhan, niscaya mereka akan berandai-andai, sekiranya sepanjang tahun semua –bulannya– bulan Ramadhan.” (HR..)

  8. ~noe~ says:

    lailatul qadr, apakah itu salah satu tujuan kita berpuasa? secara teknikal, gimana cara yang paling efisien?

  9. Dewi Yana says:

    Assalamu’alaikum,
    Sebagai manusia biasa, kita tidak luput dari dosa, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
    (Dewi Yana) :)

  10. morishige says:

    kalau saya sih juga melihat puasa sebagai sebuah “festival” persaudaraan muslim.
    lihat saja: tarawih berjamaah yang meramaikan masjid, pengajian subuhnya, saling bantu-membantu antar sesama manusia dengan beramal, dan tentu saja buka barengnya. :mrgreen:

    kan dalam Islam gak cuma disuruh menyembah Allah, tapi juga berhubungan baik dengan sesama manusia. :mrgreen:

  11. uni says:

    :sip: zemangat berpuasa sahabat, moga kita tergolong hamba yg beruntung ^_^

  12. AlvienRizki says:

    pentingnya banyak…
    hehehehehehheeee

  13. Hajier says:

    Percakapannya bagus sekali….
    sangat menggugah…

    Salam ya buat temannya Abdul,aku pengen belajar banyak sama dia…

  14. Bulan yang sangat aku nantikan..

    Memang benar apa yg dikatakan sahabatmu, saya sendiri juga awalnya mengalami pertanyaan seperti itu namun setelah saya tau makna sesungguhnya hati ini tak dapat menolak untuk terus menjaga keimanan kepadanya :)

    Selamat menjalankan ibadah puasa.. Semoga di bulan yang suci ini kita semua mendapat hidayah dan rahmatnya..

    Tulisan Moud memang selalu bagus.. saya selalu mendapat hal bermanfaat dari sini.

    Btw saya ada award untuk Moud. Jika berkenan silahkan di ambil yah :D

  15. Puasa barangkali saat kita berada di sebuah titik 0..titik dimana kehidupan bukan agresif tapi bukan pula defensif….terkesan kontra produktif dengan kehidupan modern yang menggebu-gebu…tapi mesti ada waktu untuk berada pada sebuah titik penyadaran untuk mereset hati,jiwa dan pikiran….

  16. alamendah says:

    Ternyata puasa sarat hikmah dan manfaat.

    Dari segi rohani, kesehatan dan juga sosial.

  17. arman says:

    selamat berpuasa ya… :)

  18. Hariez says:

    Mari berpuasa dengan hati tulus dan bersih..terima kasih untuk tulisannya Sobat..aku teringat diriku sebelumnya :mrgreen:

    Met Puasa

    -salam- ^_^

  19. sama seperti laguna Bimbo sob
    Ada anak bertanya pada bapaknya
    buat apa susah-susah berpuasa… :singing:

    sebuah pencerahan yang bagus El
    salam sejahtera

  20. nenyok says:

    Salam
    Pencerahan sekali bro..well diatas semua itu buat gw, krn ini sifatnya wajib ya berusaha dilaksanakan semampunya dengan mengharap ridho-Nya. Amin

  21. Puspita says:

    Sayang bulan puasa hanya satu bulan.

    Puasa memang sangat penting buat olah jiwa dan raga.

    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Salam kenal kembali.

  22. Pokoknya bulan yang penuh berkah rahmat dan ampunan

  23. yanti says:

    Nikmat puasa tak ada tandingannya.. bagi para pencintanya…
    Tak suka puasa??
    Hmmm… semua manusia punya saat untuk “kembali”.. mencari dan menyusuri “jalan pulang”.. mencari aroma yang dirindukannya..
    Aroma “kampung halaman”
    Just in right place and time..

  24. yani says:

    selamat menunaikan ibadah puasa ya :)
    kunjungan kedua niy. gimana kalo tukar link saja? biar ngga lupa :D

  25. Didien® says:

    artikel yg bermanfaat dan mencerahkan sekali…trimakasih atas shre ilmunya mas..
    kunjungan silaturrahmi…salam kenal..

    salam, ^_^

  26. Didien® says:

    sekalian ijin bertukar link… biar bisa saling berkunjung utk tetap bersilaturrahmi..

  27. cantigi says:

    sayangnya, cukup banyak hal2 penting saat kita melakukan ibadah puasa pada bulan seribu bulan, tidak akan segera terlihat oleh mata biologis, atau malahan, kontradiktif dg elemen biologis lainnya..
    nice post!

  28. RitaSusanti says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Salam kenal mas Elmoudy.
    Tulisan yang mencerahkan…Saya jadi tahu, ternyata perjumpaan dengan Allah tuh maksudnya pada saat malam-malam kita beribadah ya, aku fikirnya tadinya saat kita berjumpa dengan ALLAH di hari akhir kelak…

    Terima kasih pencerahnnya mas, saya link ya blognya.

  29. kodil says:

    selamat menunaikan ibadah puasa sob..salam kenal ya

  30. papadanmama says:

    papadanmama mengucapkan ‘slmt menunaikan ibadah puasa’ yahh bro.. :D

  31. arifin says:

    puasa memang menberikan ekstase yang luar biasa… ini adalah metode pembelajaran ciptaan Tuhan, bila kita mau mengikuti semua kurikulum-Nya, niscaya kita akan lulus dengan predikat taqwa.

  32. phiy says:

    puasa jadi bikin blogku ga produktif karna tertelan aktivitas ramadhan:D

  33. edratna says:

    Puasa, terutama di saat bulan Ramadhan sungguh menyenangkan.

  34. masoglek says:

    ehhm… puasa selalu memberikan berkah, semoga semangat kita tak surut walau berpuasa

  35. cyzko.com says:

    puasa..puasa..selamat menunaikan ibadah puasa …semoga di rasakan manfaatnya..amin..^.^

  36. noersam says:

    selamat berpuasa…..moga kita bisa ambil dari hikmahnya puasa kita kali ini

  37. kawanlama95 says:

    puasa kan perintah agama dan secara kesehatan terbukti meyehatkan, asal bener ajah puasanya. gimana ya puasa yang benar? saur saur

  38. AtA chan says:

    Terimakasih telah berbagi semoga bermanfaat..

  39. kopisusu says:

    Banyak belajar dari posting an dan komeng komengnya :)

    Terimakasih dah berbagi, dan selamat berjuang di Ramadhan kali ini .. Semoga kita tidak merugi, dan punya kesempatan bertemu Ramadhan selanjutnya. Aamiin ..

  40. zee says:

    Pencerahannya bagus sekali, bro.
    Jd tersindir saya krn sering ngantuk di kantor pas puasa ini :D

  41. Anonymous says:

    puasa itu menunjukkan keimanan kepada Allah ..

  42. Bulam ramadhan bukan cuma bulan yang penuh berkah, tapi kewajiban kiga untuk menjalankan ibadah puasa juga banyak manfaatnya.
    puasa juga melatih kita untuk mencegah hawa nafsu disaat puasa. pokoknya masih banyak.
    selamat menjalankan ibadah puasa.
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  43. Tongkonan says:

    selamat menjalankan ibadah puasa ya…! semoga puasanya lancar. :)

  44. suzhu says:

    dulu juga aq gag ngerti puasa buat apa, ternyata manfaatnya banyak melebihi yg sering disebut2 ditipi. puasa kali ini aq masih berusaha untuk gag benci, iri ato dengki,

  45. Yessi says:

    puasa itu baik untuk kesehatan lahir dan bathin :)
    met puasa ya mas..moga jadi berkah amin

  46. ajengkol says:

    Puasa tidak menjadikan kita malas hehehe

    Met Puasa

  47. pentingnya puasa itu adalah…
    mengalahkan musuh terbesar kita, yaitu dri kita sendiri.

    salam kenal!!!!+_+

  48. arnamee says:

    Salam sahabat:)

    banyak kepentingannya gitu.
    harus lebih mendakap bulan ini seeratnya, suapa kita lebih berbahagia di alam sana.

    salam dari Malaysia:)

  49. mahardhika says:

    iyap setuju, ternyata bny bngt manfaatnya. dari segi kedokteran dll…

    mohon ma’af lahir batin dan selamat berpuasa ;)

  50. kidungjingga says:

    pencerahan nih mas…

    selamat menjalankannya ya mas, mudah2an Allah ridha dengan puasa kita.

  51. yangputri says:

    pencerahan yang bagus mas mouldy….

  52. puisi cinta says:

    puasa rendah hati dan sabar selalu
    itu kata lagu lho…

    salam cinta selalu

    gen

  53. Diah says:

    Benar2 pencerahan yang sangat2 segar banget..tq mas :)

  54. Indo Hijau says:

    Dengan berpuasa kita melatih diri untuk menahan segala hawa dan nafsu. Serta menambah keimanan kita kepada Yang Maha Esa.

  55. aldy says:

    Puasa penting, untuk melatih diri, menjadikan sehat jasmani dan rohani…salam kenal

  56. Mas IWåNT says:

    Saya suka yang ini :
    “Yang jelas, manusia akan sangat sulit berjumpa dengan Allah kalau perutnya selalu kenyang. Syarat perjumpaan itu, manakala tubuh fisikmu melemah dan tubuh jiwamu menguat.” :sip:

    Ada sedikit “rasa yang berbeda”, ketika saya mengaji disiang hari ketika masih dalam keadaan puasa. Dan Alhamdulillah, beberapa siang ini saya menjadi ‘kecanduan’ untuk selalu mengaji. Di jam kantor sekalipun..

    Salam Persahabatan

  57. Subhanallah, demikian indah dan menggiurkan makna puasa,
    terima kasih Mas atas pencerahannya, semoga Allah swt meridhai ibadah shaum kita, amin.
    Salam.

  58. Agnes Sekar says:

    Kita ini diibaratkan niat adalah batu pijakan yang pertama sebelum kita melangkahkan kaki.Seribu langkah diawali oleh langkah pertama,artinya tidak ada langkah tanpa niat. Jadi niat itu penting. Niat puasa adalah membersihkan hati dari iri, dengki, marah, dendam, culas dll. Niatilah puasa kita waktu ini agar hidup menjadi lebih bersih, Terima kasih postingan yang berkualitas, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  59. deby says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa mas

  60. Cak Win says:

    Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga tambah bersemangat :)

  61. Gostav Adam says:

    Puasa adalah bentuk ibadah kita kepadaNYA. Bayangkan saja semua yang ada didunia ini adalah rizki yang Dia berikan ke kita. Mata dan seluruh tubuh. Bayangkan kalao satu sel saja tidak berfungsi, apalah jadinya kita sebagai manusia. Bagaiman kalo lingkungan kita tidak bisa memberikan rasa aman….
    kalo mau dibandingkan rizki Allah dengan ibadah kita takterhingga dibanding 0…

    Dia tidak butuh kita, tapi kita yang butuh Dia..makanya haruslah kita selalu mendekatkan diri kepadaNYA.

    salam mampir keblog kami

  62. Pakde Cholik says:

    Berpuasa tentu merupakan bentuk ketaatan kita kepada Allah Swt, ini harus benar2 diresapi.Karena Allah mewajibkan berpuasa maka sudah seharusnya kita-sebagai orang beriman-wajib melakukannya.
    Pahala dan manfaat lainnya akan mengikuti manakala kita bepuasa dengan ikhlas dan benar.
    Selamat berpuasa, maaf lahir dan batin
    Salam hangat dari Surabaya.

  63. KangBoed says:

    Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllll

  64. JiMI says:

    iayah… saat kenyang n senang manusia akan sangat sulit berjumpa dengan Allah, beda klo gi laper or menderita… dikit2 Ya Allah… Ya Allah mlulu….

  65. manusiabodoh says:

    percakapannya terlalu tinggi bagi saya mas, saya kurang mengerti
    kalau menurut saya sih tujuan puasa biar kita (kususnya orang mampu) lebih bisa merasakan apa yang dirasakan para pengemis, pemulung dll yang untuk mencari sesuap nasi dalam sehari susahnya minta ampun, ya maaf kalau salah:D

  66. fandhie says:

    temennya pinter nih… semoga memberi pencerahan buat temen2 yg berpuasa.

  67. Lala says:

    Kunjungan perdana disini disuguhi artikel untuk renungan yang apik. Terima kasih sob :)

  68. endar says:

    terima kasih atas pencerahannya mas.
    jadi tambah semangat puasa

  69. genial says:

    sangat menampar… buat org2 seperti saiia, ini sangatlah bagus :( pencerahan luarbiasa, tinggal berangkat dari kitanya gmn setelah ini… semoga kedepannya semua menjadi lebih baik (monolog antara saiia dengan alam bawah sadar saiia kang*)

  70. Alief says:

    Cerita ringan yg pnuh manfaat.
    Selamat menunaikan ibadah puasa….

  71. Zulhaq says:

    apa kabar hari ini kang?
    puasa lancar?

  72. riffrizz says:

    bulan puasa memang penuh dengan keberkatan
    selamat menunaikan ibadah puasa

  73. celoteh says:

    puasa ???
    bikin badan seger
    biasanya perutku gembul, tapi berkat puasa rasanya plong !!!!
    terima kasih ya Allah sudah mempertemukan ku dengan bulan ramadhan :D:D

  74. kira says:

    wah, ini diperlukan ilmu hikmah,krn tidak banyak yang tau,

  75. gajah_pesing says:

    bagi saia sangat penting dalam kehidupan ini

  76. Syarat perjumpaan itu, manakala tubuh fisikmu melemah dan tubuh jiwamu menguat. Dan puasa, adalah instrumen untuk mencapai kondisi itu….

    hemmhh.. baru tau..

  77. :D nu pang lewat mas , sekedar menunggu berbuka puasa

  78. m3lq says:

    semoga ramadhan tahun ini adalah Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih, tidur kita menjadi ibadah, amal kita diterima dan do’a kita di ijabah.., amien.., salam kenal ya ..:sip:

  79. D says:

    Alhamdulillah, setelah membaca posting ini saya jadi makin mantap beribadahnya.. Terima kasih Elmoudy.
    Salam..

  80. perigitua says:

    haddiirr…

    siang siang gini mengunjungi sahabat… berharap ada yang berkenan memberi sebungkus nasi buat bekal berbuka nanti….

    hhmmm… nasinya langsung tak bungkus sahabat.. luaarr biaasaa… trimakasih bayak utk nasi yang mencerahkan…

    cu………

  81. malam mas
    blue datang tuk memberi salam
    met puasa yah
    salam hangat selalu

  82. alamendah says:

    datang lagi,
    yup sekedar bloghicking sambil bersilaturrahmi
    mumpung bulang ramadan

  83. alamendah says:

    tambahan pemahaman dan ilmu yang muantab banget…

    terima kasih dan met malam

  84. bri says:

    _aa visualnya bkn sendiri??brisuka visualnya_

  85. zenteguh says:

    Maka tak terperikan hati saat Ramadan meninggalkan kita. Ya Allah, semoga kau beri banyak kesempatan untuk menjumpai bulan umat Rasulullah ini…

  86. quinie says:

    bagus banget rangkaian katanya.
    selamat berpuasa yaa

  87. oscorner says:

    Benar benar puasa baik untuk kesehatan Lahir dan bantin…salam kenal mas….

    kapan kapan mampir kblog saya…:D

  88. arnamee says:

    Salam..

    terusan- istiqamah!

  89. izafiza says:

    salam ukhwah..

    salam Ramadhan semoga diberkati Allah..=)

  90. [...] “Apa kau mengerti, Mod? Kalau mengerti, sudah semestinya produktivitas hidupmu akan meningkat dengan pesat!” jelas Abdul. “Hiyyyaa…” jawabku setengah sadar. ?  http://www.elmoudy.com/apa-pentingnya-pu… [...]

  91. Hanster says:

    Salamm…

    Berhubung lg musim mudik..
    Semoga mudiknya selamat sampai tujuan..

  92. naurel says:

    Moody,

    Sori baru visit blog-mu. karya luar biasa. Selamat ya bro….

    Iya tanpa terasa ramadhan sudah mau berakhir, semoga kita masih diberi kesempatan utk menjumpainya di tahun depan.

    regards,

  93. hasrul says:

    Supaya enggak makan dan minum sembarangan… :_:

  94. dwi isnein says:

    sob..tukeran link ya

  95. sobat,berguna banget nich infony, kunjungi blog saya jg y :)

  96. Tyas says:

    Sebentar lagi bukan puasa tiba…mari kita sambut…

  97. mantab nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis

  98. wardz says:

    mantab aku suka artikel nya
    salam kenal ya….

    mau tukar link ?

  99. yang pasti, banyak banget manfaat dari puasa. baik itu secara fisik maupun spiritual. bahkan dengan semakin majunya zaman, ane yakin akan semakin banyak pula manfaat puasa yang lain. klo masalah puasa itu penting, ya pasti penting lha. toh itu juga demi kebaikan diri kita juga

  100. bkn cm nahan lapar ma aus,tp jg puasa hati,ucapan,pikiran dll. Bisa spt udh mantab menurutq

  101. ” Tujuan puasa, tak sekedar membersihkan penyakit tubuh fisik, tapi yang jauh lebih penting adalah membersihkan penyakit hati yang sekian lamanya mengendap seperti marah, iri, dengki, benci, dendam, sombong, dan teman-temannya ”

    Saya suka kata-kata diatas.. trims

  102. melatih keimanan dan kesabaran

  103. Banyak sekali hikmah manfaat puasa Ramadhan yang bisa kita dapatkan baik untuk rohani maupun jasmani. Diantaranya dengan berpuasa tubuh menghasilkan antioksidan yang berguna untuk pembersihan racun dalam tubuh.

  104. Sehaydo says:

    Alhamdulillah
    Bentar lagi Bulan Puasa :)

    Mari Mampir di Gubukku Bang …
    Sehaydo’

Tulis Pesan